Rabu 09 Oct 2019 10:05 WIB

Rakernas V MUI di NTB akan Teguhkan Islam Moderat

Rakernas akan dihadiri dewan pimpinan MUI

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid
Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat akan menyelenggarakan  Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V MUI 2019 pada 11-13 Oktober 2019 di lokasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid Sa'adi, mengatakan Rakernas merupakan forum permusyawaratan tertinggi setelah forum Musyawarah Nasional (Munas). Tema Rakernas ini adalah "Meneguhkan Islam Wasathiyah untuk Membangun Peradaban Indonesia".

Baca Juga

"Islam wasathiyah merupakan acuan MUI dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan cita-cita mewujudkan Islam wasathiyah dalam kehidupan sehari-hari umat Islam dan nilai-nilainya mewarnai dan menjadi bagian kehidupan kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan kita," ujarnya dalam keterangan pers, Rabu (8/10).   

Rakernas kali ini merupakan rakernas terakhir Dewan Pimpinan MUI periode 2015-2020. Peserta Rakernas terdiri dari Pimpinan Harian MUI Pusat, Pimpinan Dewan Pertimbangan MUI Pusat, perwakilan komisi atau lembaga di lingkungan DP MUI Pusat, perwakilan MUI Provinsi se-Indonesia yang dilengkapi dengan perwakilan MUI Kabupaten/Kota se-NTB.  

Jumlah peserta sebanyak 289 orang. Para peserta akan membahas materi-materi dalam tiga komisi. Komisi A adalah organisasi, Komisi B adalah program kerja prioritas, dan Komisi C yaitu rekomendasi dan tausiyah untuk kemajuan umat dan kesejahteraan bangsa.  

Dia mengatakan, tujuan penyelenggaraan Rakernas tersebut yakni meningkatkan ukhuwah Islamiyah dan ukhuwah wathaniyah di kalangan pengurus MUI dan tokoh Islam Indonesia dalam rangka memperkuat ikatan persatuan dan kesatuan antarpengurus dan tokoh Islam Indonesia serta seluruh komponen bangsa.

Kemudian juga meningkatkan peran aktif MUI dalam ikhtiar bersama seluruh komponen umat Islam dalam kehidupan beragama, bermasyarakat dan berbangsa dalam rangka mewujudkan kemajuan umat dan kesejahteraan bangsa dalam wadah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945.  

Dalam Rakernas V MUI 2019 ini, kata dia, para peserta di antaranya akan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program kerja dan situasi organisasi MUI baik pusat maupun daerah selama pada 2019. Selain itu juga membahas dan menetapkan program kerja prioritas komisi, badan, lembaga di lingkungan MUI Pusat untuk 2020.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement