Senin 30 Sep 2019 16:45 WIB

Imam At-Tirmidzi: Sang Ulama Pengintegrasi Hadis dan Fikih

Imam At-Tirmidzi adalah satu dari enam ulama hadis terkemuka.

Rep: Islam Digest Republika/ Red: Agung Sasongko
Hadist (ilustrasi).
Foto: Blogspot.com
Hadist (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurut sebagian ulama, Imam At-Tirmidzi adalah orang pertama yang mengelompokkan hadis dalam kategori hasan, diantara sahih dan dhaif.

Imam At-Tirmidzi adalah satu dari enam ulama hadis terkemuka. Nama besarnya mengacu kepada tempat kelahirannya, yaitu Turmudz, sebuah kota kecil di bagian utara Iran. Sedangkan, nama lengkap pemberian orang tuanya adalah Muhammad bin Isa bin Saurah bin Adh-Dhahak As-Salami Al-Bughi. Ia sering dipanggil Abu Isa.

Lahir pada bulan Zulhijjah tahun 209 Hijrah, yaitu kira-kira 15 tahun setelah kelahiran Imam Bukhari dan tiga tahun setelah kelahiran Imam Muslim. Diceritakan bahwa dia dilahirkan dalam keadaan buta.

Versi lain menyebutkan bahwa dia mengalami kebutaan ketika usia sudah tua karena terlalu banyak menangis sebab takut kepada Allah. Namun, mayoritas ulama sepakat bahwa At-Tirmidzi tidak buta sejak lahir, melainkan musibah itu datang belakangan. Yusuf bin Ahmad al-Baghdadi menuturkan, ''Abu Isa mengalami kebutaan pada masa menjelang akhir usianya.''

 

Semenjak kecil, At-Tirmidzi sudah gemar mempelajari berbagai disiplin ilmu keislaman, termasuk ilmu hadis. Ia mulai mempelajari ilmu hadis ketika berumur 20 tahun di sejumlah kota-kota besar di wilayah kekuasaan Islam saat itu, di antaranya adalah Kota Khurasan, Bashrah, Kufah, Wasith, Baghdad, Makkah, Madinah, Ray, Mesir, dan Syam.

Kecenderungannya kepada ilmu hadis bermula setelah membaca karangan Imam Syafii yang menerangkan cara mengambil dalil dari hadis dan menggunakannya sebagai hujjah untuk memutuskan hukum-hukum yang perlu kepada ijtihad ulama.

Dalam lawatannya ke berbagai kota tersebut, At-Tirmidzi banyak mengunjungi ulama-ulama besar untuk mendengar hadis yang kemudian dihafal dan dicatat. Lalu, dikumpulkan dalam sebuah kitab yang tersusun secara sistematis.

Ia tak pernah menyia-nyiakan kesempatan tanpa menggunakannya secara efektif. Selama pengembaraannya, dia belajar dari banyak guru. Di antaranya adalah Ziyad bin Yahya al-Hassani (wafat 254 H), Abbas bin Abd al-`Adhim al-Anbari (w 246), Abu Said al-Asyaj Abdullah bin Said al-Kindi (w 257), Abu Hafsh Amr bin Ali al-Fallas (w 249), Ya`qub bin Ibrahim al-Dauraqi (w 252), Muhammad bin Ma`mar al-Qoisi al-Bahrani (w 256), dan Nashr bin Ali al-Jahdhami (w 250 H).

Para ulama di atas, selain tercatat sebagai guru-guru Imam At-Tirmidzi, juga merupakan guru dari Imam Bukhari, Muslim, Abu Dawud, An-Nasai, dan Ibn Majah. Selain berguru kepada sembilan guru di atas, Imam At-Tirmidzi juga belajar kepada Imam Al-Bukhari, Muslim, dan Abu Dawud.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement