Senin 23 Sep 2019 05:33 WIB

BMH Kepri Gelar Santunan Yatim di Pulau Panjang

BMH juga menyerahkan bantuan kapal dan alat tangkap untuk nelayan.

Seorang bocah yatim dari Pulau Panjang, Batam, Kepri, tersenyum sumringah saat menerima santunan yang diberikan oleh Laznas BMH.
Foto: Dok BMH
Seorang bocah yatim dari Pulau Panjang, Batam, Kepri, tersenyum sumringah saat menerima santunan yang diberikan oleh Laznas BMH.

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Perwakilan Kepulauan Riau menyelenggarakan kegiatan dakwah dan sosial berupa Santunan Anak Yatim dan Doa untuk Negeri. Kegiatan itu digelar di daerah pinggiran, tepatnya di Pulau Panjang, Batam, Kepulauan Riau, Ahad (22/9).

Kegiatan begitu spesial karena mendatangkan Guru Besar dari Universitas al-Azhar Kairo, Mesir, Syaikh Ahmed Abdul Mu’thy Ramadhan al-Musayyir (Syaikh al-Mishry). Ini merupakan   kerja sama Kementerian Agama RI dengan Universitas al-Azhar Mesir dalam penyebaran dai di Nusantara.

Program pemberdayaan ekonomi untuk masyarakat pinggiran dari BMH ini  mengangkat tema “Raih Kemuliaan, Bahagiakan Sesama”.

Menurut Abdul Aziz, Ketua BMH Pewakilan Kepulauan Riau, ada 100 Paket Gizi dalam bentuk bingkisan dan 100 amplop santunan yang diserahkan secara langsung untuk masyarakat Pulau Panjang.

Dalam sambutannya, Abdul Aziz menyampaikan maksud dan tujuan program ini, yaitu untuk pemberdayaan masyarakat pinggiran dan upaya menjalin silaturahim dengan masyarakat luas agar dakwah ini semakin dirasakan oleh umat.

“Melalui kegiatan ini, BMH hendak berbagi dengan sesama, menyantuni para masyarakat Pulau Panjang, dan terkhusus kepada anak-anak. Semoga apa yang diterima dapat memberi manfaat untuk masing-masing keluarga yang ada di pulau ini,” paparnya di hadapan warga.

Abdul Aziz juga berharap, kunjungan ini bukan yang terakhir kali, tapi tetap berlanjut di waktu-waktu yang akan datang, agar jalinan silaturahim dan dakwah melalui BMH tetap berjalan.

“Ini bukan yang terakhir kali. Kami akan tetap bersilaturahim ke Pulau ini, mengunjungi bapak ibu sekalian di masa yang akan datang,”  harapnya pada kegiatan yang diadakan di masjid tersebut.

Lewat kesempatan ini juga, BMH menyerahkan bantuan untuk nelayan berupa satu unit kapal dan satu paket alat tangkap untuk warga Pulau Panjang. “Kami berharap  agar pemberdayaan ekonomi di masyarakat Pulau Panjang terus  meningkat,” kata Abdul Aziz dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Ahad (22/9).

photo
Anak-anak yatim dari Pulau Panjang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) berfoto bersama dengan Guru Besar dari Universitas al-Azhar Kairo, Mesir, Syaikh Ahmed Abdul Mu’thy Ramadhan al-Musayyir (Syaikh al-Mishry).

Selanjutnya, taushiyah dari Syaikh Ahmed al-Mishry, menjelaskan tentang rukun Islam. Tema ini diangkat karena saran dari pengurus masjid di pulau yang mesti ditempuh dengan menggunakan perahu tersebut, bahwa masyarakat sangat awam tentang Islam.

Karena itu,  Syaikh Ahmed al-Mishry menyampaikan pentingnya pilar-pilar Islam ini ditegakkan. Mulai dari mengucapkan dua kalimat syahadat, mendirikan shalat wajib lima waktu, membayar zakat, berpuasa di bulan Ramadhan, dan berhaji ke Baitullah bagi yang mampu.

Lebih lanjut, Syaikh secara detil mengulas tentang shalat, mengingat masyarakat setempat masih banyak yang lalai untuk mengerjakan.

“Bagi kita yang beragama Islam, bukti bahwa kita ini menganut Islam adalah dengan mendirikan shalat wajib. Yang membedakan antara Muslim dan kafir adalah meninggalkan shalat. Kalau zakat, hanya orang kaya, puasa bisa saja ada udzur, berhaji, apatah lagi, hanya yang bisa menempuh perjalanan. Tapi shalat, semua Muslim wajib secara mutlak untuk mendirikannya, tanpa memandang kaya atau miskin,” jelasnya.

Selanjutnya, kata Abdul Aziz,  kegiatan ditutup dengan doa bersama untuk negeri. Hal ini dilakukan untuk mengundang bantuan dan  pertolongan Allah untuk negeri ini. “Adanya kebakaran hutan dan lahan, kekeringan di mana-mana karena kemarau panjang, kondisi ekonomi semakin merosot, gejolak politik tanpa henti, dan masih banyak lagi problem yang mesti dimunajatkan kepada Allah SWT,” ujarnya.

Usai penyerahan secara simbolis, kemudian berlanjut untuk ramah tamah dengan para hadirin. “Alhamdulillah, semua kegiatan  dapat berjalan lancar dan baik,” kata Abdul Aziz.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement