Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Keutamaan Alquran

Selasa 17 Sep 2019 03:00 WIB

Red: Agung Sasongko

Alquran

Alquran

Foto: Republika/Agung Supriyanto
Dengan membaca Alquran, mampu memberikan spirit, inspirasi, dan motivasi kehidupan.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Ali Farkhan Tsani

Suatu hari, seseorang menemui Ibnu Mas'ud, sahabat Rasulullah SAW, untuk meminta nasihat. Katanya, ''Wahai Ibnu Mas'ud, berilah nasihat yang dapat kujadikan sebagai obat bagi jiwaku yang sedang gelisah. Dalam beberapa hari ini, aku merasa tidak sakinah, jiwaku resah, dan pikiranku gundah. Makan tak enak, tidur pun tak nyenyak.''

Maka, Ibnu Mas'ud menasihatinya, ''Kalau itu penyakit yang menimpamu, bawalah dirimu mengunjungi tiga tempat. Pertama, datanglah ke tempat orang yang sedang membaca Alquran. Di sana, engkau ikut membaca Alquran atau cukup mendengarkannya dengan baik. Kedua, pergilah ke tempat majelis ta'lim yang mengingatkan hati kepada Allah. Ketiga, carilah tempat yang sepi di malam sunyi. Di sana, engkau menyendiri bersama Allah waktu tengah malam buta untuk shalat tahajud. Lalu, mintalah kepada Allah ketenangan jiwa, ketenteraman pikiran, dan kemurnian hati.''

Setelah orang itu kembali ke rumahnya, nasihat sahabat Rasulullah SAW itu diamalkan. Dia pergi mengambil air wudhu, lalu mengambil Alquran. Dia membacanya dengan hati yang khusyuk. Selesai membaca Alquran, berubahlah jiwanya menjadi tenang, pikirannya tenteram, dan kegelisahannya pun hilang berkat bacaan Alquran. Begitulah Alquran merupakan obat penawar (QS Al Isra [17]: 82).

Rasulullah SAW menegaskan, ''Kepada kaum yang suka berjamaah di rumah-rumah ibadah, membaca Alquran secara bergiliran, dan saling mengajarkan sesama, akan turunlah kepada mereka ketenangan dan ketenteraman, terlimpah kepadanya rahmat, dijaga oleh malaikat, dan Allah akan selalu mengingat mereka.'' (HR Muslim dari Abu Hurairah).

Karenanya, Rasulullah SAW memerintahkan keadaan setiap penghuni rumah tangga muslim agar menghiasi rumahnya dengan alunan ayat-ayat suci Alquran. Sebab, rumah yang di dalamnya tidak dibacakan ayat-ayat Alquran akan banyak keburukan perilaku, kegersangan jiwa, dan kesempitan pandangan kehidupan.

Dengan membaca Alquran, mampu memberikan spirit, inspirasi, dan motivasi dalam kehidupan. Di sinilah Alquran dikatakan sebagai mukjizat dan rahmat yang tiada taranya bagi manusia dan alam semesta. Di dalamnya terkumpul wahyu Allah yang menjadi petunjuk, pedoman, dan pelajaran bagi siapa saja yang memercayai dan mengamalkannya. Indahnya bacaan Alquran kalau kita dengar dalam sebuah musabaqah. Akan lebih indah dan bermakna kalau diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA