Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Jaga Ketahanan Keluarga, Menag Luncurkan Pusaka Sakinah

Kamis 12 Sep 2019 14:59 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Foto: Republika/Prayogi
Pusat Pelayanan Keluarga (Pusaka) Sakinah upaya jaga keluarga sakinah.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA— Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meluncurkan Pusat Pelayanan Keluarga (Pusaka) Sakinah, Gerakan Moderasi Beragama Berbasis Keluarga, dan Kampung Zakat-Wakaf di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Peluncuran yang berlangsung Kamis (12/9) ini, dalam upaya membangun ketahanan keluarga menuju Indonesia Emas 2045.

Baca Juga

Dalam sambutannya, Menteri Agama mengatakan bahwa Pusaka Sakinah merupakan upaya terobosan pemerintah untuk menjaga, memelihara, dan menguatkan ketahanan keluarga.

Didampingi Sekretaris Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, Gatot Saptadi dan Bupati Bantul Suharsono, Menag juga menekankan pentingnya penanaman moderasi beragama berbasis keluarga, unit terkecil dalam masyarakat.

"Jadi sekali lagi, keluarga adalah unit terkecil yang amat sangat strategis, karenanya juga perlu dibekali dengan pemahaman-pemahaman dan bentuk-bentuk pengamalan keagamaan yang moderat, yang tidak berlebih-lebihan, tidak ekstrem," katanya.

Dia juga mengemukakan bahwa dalam upaya memperbanyak desa yang mampu mengelola zakat dan wakaf untuk meningkatkan kesejahteraan warga, pemerintah meluncurkan Kampung Zakat-Wakaf.

Pemerintah, kata dia, menjalankan Kampung Zakat-Wakaf bersama pemangku kepentingan terkait untuk mewujudkan pengelolaan zakat yang produktif sehingga manfaatnya bisa dirasakan masyarakat luas.

"Meningkatkan kesejahteraan warganya melalui pengembangan-pengembangan ekonomi yang dikelola masyarakat berbasis zakat dan wakaf. Karena itu, saya sampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi atas berlangsungnya ketiga program tersebut," katanya.

 

  

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA