Rabu 04 Sep 2019 02:11 WIB

Apa Saja Amalan Berpahala yang Dianjurkan Selama Muharram?

Muharram merupakan salah satu bulan yang diistimewakan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nashih Nashrullah
Sejumlah peserta mengikuti pawai obor elektrik pada Jakarta Muharram Festival di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Sabtu (31/8).
Foto: Republika/Prayogi
Sejumlah peserta mengikuti pawai obor elektrik pada Jakarta Muharram Festival di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Sabtu (31/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA —Selain Ramadhan, Allah SWT memberikan keistimewaan kepada empat bulan Hijriyah, salah satunya khusus untuk Muharram. 

Berbagai amal kebajikan bisa dilakukan untuk memperoleh keutamaan bulan ini. Mengutip NU-Care, ada 12 amalan yang dapat dikerjakan umat Islam pada Muharram dan memberikan pahala besar.  

Baca Juga

Keutamaan tersebut harus diisi dengan berbagai amalan, sehingga keutamaan itu benar-benar bernilai, baik secara individual maupun sosial. Para ulama sudah mengklasifikasikan jenis amalan yang hendaknya diperbanyak selama Muharram.

Syekh Abdul Hamid misalnya. Dalam kitabnya yang berjudul Kanzun Naja wa as-Surur fi Ud'iyyat Tasyrah as-Shudur, menjelaskan sejumlah amalan yang bisa dilaksanakan untuk memaksimalkan potensi Muharram. Amalan tersebut terangkum secara apik dalam bait syair Arab (nadzham) berikut:  

فِى يوْمِ عَاشُوْرَاءَ عَشْرٌ تَتَّصِلْ * بِهَا اثْنَتَانِ وَلهَاَ فَضْلٌ نُقِلْ
صُمْ صَلِّ صَلْ زُرْ عَالمِاً عُدْ وَاكْتَحِلْ * رَأْسُ الْيَتِيْمِ امْسَحْ تَصَدَّقْ وَاغْتَسِلْ
وَسِّعْ عَلَى اْلعِيَالِ قَلِّمْ ظُفْرَا * وَسُوْرَةَ الْاِخْلاَصِ قُلْ اَلْفَ تَصِلْ

Artinya: “Ada sepuluh amalan dalam Muharram, yang ditambah lagi dua amalan lebih sempurna. Puasalah, shalatlah, sambung silaturahim, ziarah orang alim, menjenguk orang sakit dan celak mata. Usaplah kepala anak yatim, bersedekah, dan mandi, kemduian menambah nafkah keluarga, memotong kuku, dan membaca surat al-Ikhlas 1.000 kali.Untuk lebih memudahkan berikut 12 amalan baik sebagaimana disebut dalam bait syair di atas: 

  1. Shalat 
  2. Berpuasa 
  3. Silaturrahim 
  4. Bersedekah
  5. Mandi
  6. Memakai celak mata 
  7. Berziarah kepada ulama (baik yang hidup maupun yang meninggal) 
  8. Menjenguk orang sakit 
  9. Menambah nafkah keluarga 
  10. Memotong kuku 
  11. Mengusap kepala anak yatim 
  12. Membaca surah al-Ikhlas sebanyak 1.000 kali    

  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement