Senin 02 Sep 2019 16:30 WIB

Nasi Liwet 1 Kilometer Sambut Muharram di Tasikmalaya

makan nasi liwet bersama dilakukan warga untuk menyambut 1 Muharram.

Rep: Bayu Adji/ Red: Agung Sasongko
Nasi Liwet
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Nasi Liwet

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Ribuan warga memadati jalan-jalan kampung di Kampung Gunung Kondang, Kelurahan Mangkubumi, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Sabtu (31/8) malam. Mererka berkumpul untuk menyantap bersama nasi liwet sepanjang sekitar 1 kilometer untuk menyambut perayaan Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah.

Ketua Pemuda Kampung Gunung Kondang, Asep Haryaman mengatakan, makan nasi liwet bersama dilakukan warga untuk menyambut 1 Muharram. Selain itu, kegiatan itu sekaligus untuk syukuran Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia.

Baca Juga

"Ngaliwet ini dari kita untuk kita, kita yang ngaliwet kita juga yang makan. Jadi makan bersama," kata dia, Sabtu (31/8) malam.

Menurut dia, setidaknya ada 2.000 orang yang ikut makan bersama dalam kegiatan itu. Mereka yang berkumpul tak lain merupakan warga sekitar dan para santri. Ia mengklaim, panjang nasi liwet yang dijajarkan di atas daun pisang di jalan itu mencapai 1.200 meter.

Menurut dia, kegiatan ngeliwet bersama menyambut 1 Muharam ini metupakan yang kali pertama dilakukan warga Kampung Gunung Kondang. Semua itu terjadi, lanjut dia, dari spontanitas para pemuda untuk membuat acara kebersamaan antarwarga kampung.

"Semoga tahun depan rerus berlanjut," kata dia.

Sebelum menyantap nasi liwet itu, warga Kampung Gunung Kondang juga melaksanakan tabligh akbar dan doa bersama. Kegiatan itu, selain diisi oleh warga sekitar juga diikuti oleh para santri dari pondok pesantren.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement