Kamis 29 Aug 2019 22:16 WIB

Kemenag Resmikan Kampung Zakat di Riau

Kampung Zakat ini bertujuan untuk membangun masyarakat yang mandiri dan kuat.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Berzakat
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Berzakat

REPUBLIKA.CO.ID, TEMBILAHAN -- Direkotorat Jendral Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama meresmikan program percontohan daerah binaan di Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin mengatakan Program Percontohan Daerah Binaan ini adalah salah satu inovasi Bimas Islam Kementerian Agama.

Inovasi tersebut, kata dia, merupakan bagian dari Lima Budaya Kerja Kementerian Agama (Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab dan Keteladan). "Harapannya adalah dampak program menjadi lebih luas dan manfaatnya semakin dirasakan," ujar Muhammadiyah Amin melalui keterangan yang terima Republika.co.id, Kamis (29/8).

Baca Juga

Amin mengatakan, program Percontohan Daerah Binaan ini merupakan bentuk kerjasama Kemenag dengan sejumlah lembaga seperti Baznas, LAZ, Dompet Dhuafa, dan beberapa lembaga lain. Penamaan desa Indragiri Hilir sebagai Kampung Zakat ini bertujuan untuk membangun masyarakat yang mandiri dan kuat melalui pemberdayaan masyarakat berbasis dana zakat, infak, dan sedekah.

“Mandiri dalam pengertian ekonomi, pendidikan, pembinaan keagamaan (dakwah), kesehatan, dan sosial kemanusiaan,” kata Amin.

Program ini didesign selama kurun waktu tiga tahun, yaitu fase perintisan, pelaksanaan, dan selanjutnya adalah kemandirian. Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan Sembako sebanyak 250 paket, Program Wakaf Produktif, bantuan renovasi masjid di tiga lokasi dan mushalla di lima lokasi, serta pemberian bantuan terhadap lima ormas Islam dan lima majelis taklim.

Bantuan juga diberikan dalam bentuk program pembinaan imam masjid, remaja masjid, temu konsultasi paham keagamaan, pemberian bantuan Al-Quran, juz amma, buku keagamaan dan perlengkapan alat shalat.

"Atas nama keluarga besar Ditjen Bimas Islam kami mengucapkan terima kasih  atas penerimaan program ini oleh Bupati dan masyarakat Kabupaten Inhil. Mudah-mudahan pengawalan kita bersama terhadap program ini dapat dirasakan langsung oleh masyarakat Indragiri Hilir," kata Muhammadiyah Amin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement