Senin 12 Aug 2019 14:12 WIB

Jakarta Islamic Centre Sembelih Kurban Jokowi dan Prabowo

Hewan kurban Jokowi dan Prabowo berupa sapi jenis

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Petugas kurban di JIC dilengkapi dengan tutup kepala, tutup mulut, sarung tangan dan sepatu boot.
Foto: Dok JIC
Petugas kurban di JIC dilengkapi dengan tutup kepala, tutup mulut, sarung tangan dan sepatu boot.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Jakarta Islamic Centre (JIC) menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban di Plaza Qurban JIC pada Senin (12/8). Salah satu di antara hewan kurban yang disembelih adalah milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan mantan calon presiden Pilpres 2019, Prabowo Subianto. 

"Ini termasuk di antaranya sapi Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo, sapi milik Gubernur DKI Jakarta Bapak Anies Baswedan, sapi milik  Bapak  Prabowo, sapi milik polres Jakarta Utara, DMI dan lainnya," ujar Kepala Badan Manajemen Jakarta Islamic Centre, KH Ahmad Shodri, dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Senin (12/8).

Baca Juga

Sapi kurban milik Jokowi sendiri termasuk sapi berjenis sapi peranakan ongole (PO), yaitu sapi hasil persilangan antara pejantan sapi sumba ongole (SO) dengan sapi betina lokal di Jawa yang berwarna putih dengan bobot 980 kilogram.

Penyembelihan hewan kurban dimulai sejak pukul 7.30 pagi hingga pukul 12.00 siang. Menurut Shodri, dalam momentum Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah kali ini JIC menyembelih 11 ekor sapi dan lima ekor kambing. Jumlah hewan kurban yang diterima panitia itu meningkat dari tahun sebelumnya.  

"Alhamdullilah, tahun ini jumlah hewan kurban yang menyerahkan ke JIC berjumlah 11 ekor sapi dan lima ekor kambing, dan ini peningkatan dari tahun sebelumnya," ucapnya.   

Shodri berharap jumlah hewan kurban yang ditangani JIC meningkat tahun depan, sehingga bisa menyebarluaskan kemanfaatan kepada masyarakat. Dia pun mendoakan agar masyarakat yang berkurban mendapatkan ridha Allah.  

"Saya doakan semoga yang berkurban di Jakarta Islamic Centre semua mendapatkan ridha dari Allah SWT dan semoga bapak-bapak yang bertugas selalu disehatkan, sehingga bisa maksimal dalam penyembelihannya," ucap Shodri dalam sambutannya. 

Ketua Panitia penyembelihan hewan kurban, Thoni Fathoni, menjelaskan daging hasil pemotongan hewan kurban akan disalurkan ke warga sekitar dan lembaga-lembaga sosial seperti yayasan yatim piatu dan lainnya yang mengajukan proposal jauh-jauh hari. "Kami membagikan sebanyak 1700 paket," ucapnya.

Kepala Sekretariat Jakarta Islamic Centre, Ahmad Juhandi, menambahkan kemasan yang digunakan dalam pembagian hewan kurban di JIC menggunakan bahan ramah lingkungan sesuai dengan perintah Gubernur DKI Jakarta. "Kami mendapat bantuan dari DMI Jakarta sebanyak 1.500 buah besek yang terbuat dari bambu. Kekurangannya panitia mengusahakan dari berbagai sumber biaya," katanya.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement