Friday, 12 Rabiul Akhir 1442 / 27 November 2020

Friday, 12 Rabiul Akhir 1442 / 27 November 2020

Baca Alquran Baik Bagi Kesehatan, Ini Faktanya

Kamis 08 Aug 2019 15:09 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Membaca Alquran.

Membaca Alquran.

Foto: ist
Kini banyak metode belajar Alquran, seperti yang ditawarkan Bisaquran.com.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap muslim sudah tentu tahu dan paham bahwa Alquran memiliki berbagai macam keutamaan.  Alquran yang diserukan sebagai pedoman mempunyai solusi hampir seluruh sendi kehidupan manusia.

Namun tahukah Anda, membaca Alquran ternyata juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan?

Manfaat membaca Alquran bagi kesehatan salah satunya dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan di Klinik Besar Florida, Amerika Serikat. Sang peneliti yang bernama Dr Ahmed Al-Qadhi menyatakan, membaca atau memperdengarkan lantunan ayat suci Alquran saja sudah dapat memberikan perubahan fisiologis yang besar bagi tubuh manusia.

Baca Juga

Fakta ilmiah tersebut juga dikuatkan dengan berbagai riset lain yang dilakukan di seluruh dunia mengenai manfaat membaca Alquran. Berikut rangkuman berbagai manfaat membaca Alquran bagi kesehatan.

photo
Alquran.
Membaca Alquran terbukti efektif meredakan stres dan kecemasan.
Manfaat langsung yang bisa dirasakan saat kita membaca Alqurana dalah ketenangan jiwa. Sebuah studi di Universitas Salford, Inggris, membuktikan, orang-orang yang membaca dan melantunkan Alquran menjadi lebih rileks dan tenang dibanding mereka yang membaca buku biasa.

Menstabilkan tekanan darah dan denyut jantung
Lantunan ayat Alquran memberi efek relaksasi bagi mereka yang membaca ataupun mendengarkannya. Hal ini terbukti menjadi solusi yang paling jitu untuk menormalkan tekanan darah dan denyut jantung yang sedang tidak stabil.

Proses relaksasi yang merangsang pengaktifan sekaligus pengendalian saraf otonom (saraf simpatis dan parasimpatis) sehingga akan menciptakan tekanan darah juga denyut jantung yang stabil.

Meningkatkan daya ingat dan mempertajam konsentrasi
Orang yang rajin membaca Alquran terbukti memiliki daya ingat yang lebih baik. Selain itu, membaca Alquran juga secara otomatis mampu membuat otak lebih fokus sehingga lebih mudah untuk berkonsentrasi.

Karenanya, sangat disarankan bagi Anda yang bekerja di kantor untuk membiasakan diri membaca Alquran selama 10 hingga 15 menit di pagi hari untuk membantu Anda agar lebih fokus memulai pekerjaan.

photo
Alquran
Membantu menghancurkan sel-sel kanker.
Salah satu hasil penelitian Dr Ahmed Al-Qadhi menyebutkan, lantunan ayat suci Alquran mengembalikan keseimbangan sel-sel sehat dalam tubuh sehingga dapat melawan sel-sel kanker. Selain itu, membaca dan mendengar lantunan ayat Alquran juga sangat baik untuk meningkatkan sel-sel imun sehingga kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan virus dan bakteri.

Setelah membaca uraian di atas, apakah Anda tertarik untuk belajar membaca Alquran? Dewasa ini, ada berbagai ragam metode membaca Alquran yang dapat Anda temukan.

Bagi Anda yang memiliki segudang kesibukan dan kurang punya waktu untuk secara khusus belajar Alquran, Anda mungkin bisa mencoba belajar melalui sistem online seperti yang ditawarkan oleh bisaquran.com.

Bisaquran.com menghadirkan sarana full digital berupa kelas online berbasis aplikasi instant messaging, atau menggunakan website khusus sebagai Learning Management System (LMS), dan ada pula yang menggunakan sistem hybrid yakni menggabungkan materi klasik berupa buku dan video pembelajaran.

Tidak hanya belajar membaca Alquran yang bisa lewat online, belajar tafsir atau tingkat yang lebih tinggi pun bisa. Seperti yang ditawarkan oleh tafsirweb.com, yang memberikan akses untuk mempelajari tafsir Alquran dengan beragam versinya. Di antaranya yakni, Tafsir Kementrian Agama Republik Indonesia, Tafsir Kementrian Agama Saudi Arabia, dan lain sebagainya. Semuanya tersedia gratis untuk dibaca.

Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak bisa belajar Alquran dan tafsirnya. Apalagi, dengan tersedianya system online yang terpadu dan sangat memudahkan Anda karena aksesibilitasnya yang bisa dilakukan di mana-mana. Lantas mau apa lagi? Ayo belajar Alquran sekarang.
 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA