Selasa 02 Jul 2019 16:37 WIB

Sumbar Targetkan 47 Restoran Bersertifikat Halal

Sejak 2017, sudah ada 22 restoran di Sumbar yang mengantongi sertifikat halal.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Esthi Maharani
Tanda halal
Foto: bisnisukm.com
Tanda halal

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Sumatera Barat terus berupaya dalam pengembangan pariwisata halal. Salah satu faktor yang sedang didorong Pemerintah Provinsi Sumbar adalah sertifikasi halal restoran yang ada di Ranah Minang.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan sejak 2017, sudah ada 22 restoran di Sumbar yang mengantongi sertifikat halal. Pemprov menargetkan di 2019 ini, ada 47 restoran yang mengantongi sertifikat halal.

"Sejauh ini baru 22 restoran yang sudah sertifikasi halal. Kita harus bimbing terus. Nanti nama-nama restorannya kita publish di media supaya meransang yang belum sertifikasi," kata Nasrul dalam acara sosialisasi  Sertifikasi Halal bagi Industri Pariwisata, di Hotel Grand Inna Padang, Selasa (2/7).

Nasrul menyebutkan restoran yang sudah bersertifikat halal di Sumbar akan mendapatkan subsidi dari pemerintah. Untuk biaya sertifikasi halal, setiap restoran membutuhkan biaya Rp 3,2 juta. Nantinya restoran ini akan mendapat subsidi Rp 2 juta. Tapi dari 22 restoran yang sudah sertifikasi halal, ada empat restoran yang mengurus secara mandiri. Yakni Banua Lounge BIM, RM Lamun Ombak, Sate Mak Syukur dan RM Sari Raso.

Nasrul mengakui pemprov tidak punya daya untuk membantu sertifikasi semua restoran di Sumbar secara bersamaan. Untuk itu, ia mengapresiasi restoran yang mengurus sertifikasi secara mandiri.

Nasrul menambahkan restoran merupakan salah satu faktor penting dalam mendukung pariwisata halal di Sumbar. Sebab wisatawan yang berkunjung dari luar akan mencari hidangan yang terjamin selain menikmati pemadangan alam.

Untuk mempercepat sertifikasi halal restoran di Sumbar secara menyeluruh, Nasrul meminta semua instansi terkait beserta stake holder agar sama-sama melakukan dorongan. Misalkan untuk perizinan atau pembayaran pajak, restoran harus mengantongi sertifikasi halal.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar mengatakan sejak 2017 sudah ada 22 restoran dan rumah makan yang telah memiliki sertifikasi halal. Mereka adalah RM. Pongek Or Situjuah, Resto Hotel Rangkayo Basa, Resto Hang Tuah, RM. Pasia Piaman, RM. Pak Datuk, RM. Famili Raya Indah, Resto Grand Inna Padang, Restoran Hotel Emersia, Rujak Panorama, RM. Simpang Raya Bukittinggi.

Banua Lounge BIM (PT. Banua Agung Hanitama), RM. Lamun Ombak, Sate Mak Syukur, RM. Sari Raso, RM. Simpang Raya, RM. GON Raya Lamo, Restoran Hotel Ox Ville, Restoran Hotel Fave, Restoran Hotel Bunda, Restoran Hotel Mangkuto, RM. Silungkang dan RM Hoya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement