Ahad 23 Jun 2019 17:17 WIB

Wellington County Akhirnya Miliki Masjid

Masjid di Wellington County dirancang untuk memenuhi kebutuhan unat Islam.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Muslim Kanada bersikan lingkungan
Foto: Onislam
Muslim Kanada bersikan lingkungan

REPUBLIKA.CO.ID,ONTARIO -- Muslim yang bermukim di Wellington County, Ontario, Kanada kini memiliki masjid. 

Dilansir di wellingtonadvertiser.com, Masjid pertama Wellington County telah didirikan di desa Erin. Masjid ini dirancang untuk melayani kebutuhan umat Islam di seluruh distrik. Masjid dan pusat kebudayaan terletak di gedung bersejarah Disciples Church di 103 Main Street, dekat dengan McMillan Park.

Pertama kalinya masjid ini digunakan untuk shalat Jumat (21/6) di pimpin oleh Imam Tayyab Muhammed dari Guelph. Walikota Erin Allan Alls dan beberapa pendeta Kristen lokal baru-baru ini menghadiri open house di masjid, menyambut komunitas agama Islam di kota ini.

Hingga saat ini jumlah muslim di Erin memang masih minim, tetapi masjid ini dapat dimanfaatkan oleh muslim yang terletak di desa terdekat seperti  muslim dari Orangeville dan Guelph.

Sebelum menjadi masjid sebenarnya bangunan ini mereupakan gereja ini dibangun pada tahun 1873. Gereja ini kemudian dibeli oleh Kashif Ali, yang juga mengoperasikan Erin Diagnostic Imaging di 2 Thompson Crescent.

"Saya suka kota ini," kata Ali, yang memutuskan untuk mempertahankan bangunan sebagai tempat ibadah.

Pusat Islam Dar UI Qamar Erin merupakan nama yang diberikan untuk mengenang ibu Ali, termasuk masjid dan ruang untuk kegiatan sosial, amal dan administrasi.

"Kami membantu yang membutuhkan, siapa pun yang membutuhkan, bukan hanya Muslim," kata anggota dewan Alam Mohammed.

Dia juga direktur pelaksana di Pusat Dakwah Islam Internasional (IIPC Kanada) di Mississauga, sebuah organisasi nirlaba yang didirikan oleh pembicara berpengaruh Mohammad Shaikh.

Masjid Erin berafiliasi dengan IIPC Kanada, dan terbuka untuk semua Muslim. Para anggotanya baru-baru ini menyelesaikan pengamatan Ramadhan, peringatan tahunan wahyu pertama Al-Qur'an, teks suci Islam, kepada Nabi Muhammad.

Masjid Erin mengikuti kebiasaan dimana jamaah wanita dan pria dipisah baik shalat dan kegiatan sosial yang diselenggarakan di masjid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement