Jumat 21 Jun 2019 00:18 WIB

Dompet Dhuafa Targetkan Tebar 30 Ribu Hewan Kurban 2019

Dompet Dhuafa ajak masyarakat memberdayakan peternak lokal.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Gita Amanda
Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka menyongsong semangat masyarakat untuk berbagi kebaikan melalui kurban, Dompet Dhuafa meluncurkan tema #JanganTakutBerkurban sebagai wujud kesinambungan dari #JanganTakutBerbagi. Dalam hal ini, Dompet Dhuafa menggelorakan semangat untuk memberikan edukasi dan mengajak masyarakat untuk berkurban melalui program Tebar Hewan Kurban (THK) 2019, dengan target 30 ribu hewan tersebar.

Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa, Yuli Pujihardi, mengatakan momen kurban tahun ini adalah waktu yang baik untuk berdonasi. Ia mengatakan, tahun ini program THK Dompet Dhuafa menargetkan capaian kurban di kisaran angka 30 ribu ekor hewan kurban. Sebelumnya pada pelaksanaan kurban 2018, Dompet Dhuafa mendapat amanah kurban sebanyak 18.558 ekor stara doka (Domba Kambing), dengan pencapaian penerima manfaat lebih dari satu juta jiwa. 

Baca Juga

"Dari Dompet Dhuafa masih yang terbesar dalam hal distribusi. Pada 2012, kami bisa mencapai 22 ribu ekor hewan kurban. Di Jakarta pernah sampai menghimpun donasi hewan kurban sebanyak 200-300 ekor sapi," kata Yuli, dalam acara Halal Bihalal dan Launching #JanganTakutBerkurban di Jakarta, Kamis (20/6).

Setiap tahunnya, ia mengatakan pengumpulan donasi kurban mengalami peningkatan. Program THK dimulai sejak 1993. Selama bergulir, Yuli menuturkan THK telah menyebarkan kurban sebanyak 237.520 ekor setara doka. Sementara penerima manfaat sebanyak 4.911.208 Kepala Keluarga dengan sebaran hingga 34 provinsi di Indonesia dan lebih dari 15 negara konflik. Di antaranya Palestina, Somalia, Filipina, Myanmar, Bangladesh, Bosnia, Pakistan, Libanon, Libya, Timor Leste, dan lainnya.

Berkurban merupakan salah satu ibadah yang diwajibkan oleh Allah SWT. Namun, menurutnya, ada beberapa keunggulan berkurban melalui Dompet Dhuafa.

Yuli menjelaskan, hewan kurban yang disediakan Dompet Dhuafa dipastikan sesuai syariah. Menurutnya, pengadaan hewan kurban THK harus memenuhi standar dan mutu kualitas. Di samping telah mengikuti proses pengendalian dan pengontrolan mutu hewan kurban THK oleh Tim Quality Control Dompet DHuafa.

Tidak hanya itu, ia mengatakan dengan berkurban melalui Dompet Dhuafa, masyarakat berarti berpartisipasi dalam program pemberdayaan masyarakat peternak. Dalam hal ini, program THK juga dilakukan melalui pendekatan pemberdayaan peternak lokal yang mandiri dan telah melewati tahapan seleksi, serta pendampingan oleh tim program DD.

Sementara itu, ia mengatakan pendistribusian dagignya juga menjangkau daerah-daerah pelosok, marginal, terluar dan termasuk wilayah terdampak bencana, seperti Palu, Lombok, Banten, Samarinda, dan Konawe.

"Kami kirim ke daerah terpencil di seluruh Indonesia, sehingga orang-orang di daerah dan masyarakat yang lebih membutuhkan akan merasakan manfaatnya dan juga mengangkat keberdayaan peternak lokal," tambahnya.

Yuli menambahkan, pendistribusian donasi hewan kurban ke daerah dilakukan melalui pengawasan dan kontrol dari Dompet Dhuafa pusat. Pendistribusian yang besar ada di wilayah Jawa dan Bali, sedangkan Indonesia Timur sebesar 40 persen.

Hingga malam hari tasyrik di hari ketiga, Dompet Dhuafa masih melakukan pengumpulan donasi. Jika target 25 ribu ekor, ia mengatakan sejumlah ekor hewan kurban sudah ada di daerah masing-masing.

"Lalu hari H kita kirim tahap pertama sebesar 50 persen di masing-masing provinsi, hari kedua kami kirim sisanya 25 persen, hingga seluruhnya dari yang 25ribu itu terpenuhi," jelasnya.

Namun begitu, donasi kurban yang didistribusikan bukan dalam bentuk pengiriman hewan kurban ke daerah-daerah, melainkan dalam bentuk uang. Yuli menjelaskan, Dompet Dhuafa mengirim dalam bentuk uang melalui mitra atau NGO lokal, masjid-masjid, dan pengurus lembaga keagamaan. Pengiriman dalam bentuk uang bertujuan untuk memudahkan mitra agar segera menghidupkan roda perekonomian di daerah. Selain di dalam negeri, pendistribusian donasi hewan kurban juga dilakukan ke negara-negara lain melalui mitra di sana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement