Kamis 30 May 2019 20:50 WIB

Baznas Telah Kumpulkan 51 Persen Dana ZIS Ramadhan

Dari target Baznas pusat sebesar Rp 85 milliar, telah terkumpul sebesar Rp 47 miliar.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Andi Nur Aminah
Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) telah mengumpulkan 51 persen dana zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) sepanjang Ramadhan 2019 ini. Dari target Baznas pusat sebesar Rp 85 milliar, telah terkumpul donasi sebesar Rp 47 milliar.

“Pencapaian Zakat Ramadhan di Baznas Pusat saat ini mencapai 51 persen dari target selama sebulan. Target nasional di Ramadhan ini adalah Rp 3,5 triliun, yakni sebesar 30 persen dari target setahun di 2019 ini yakni Rp 9,5 triliun,” ungkap Direktur Utama Baznas, Arifin Purwakananta, saat dihubungi Republika.co.id, Kamis (30/5).

Baca Juga

Pencapaian pengumpulan zakat digital, menurut Arifin sudah cukup menggembirakan, karena share-nya sebesar 10 persen tercapai dari berbagai saluran digital yang disediakan Baznas. Seperti saluran fintech, berupa OVO, Jenius, Dana. Kemudian toko online seperti Bukalapak, Tokopedia, mataharimall.com, dan lainnya. Serta website seperti kitabisa.com dan saluran digital di website Baznas sendiri yakni www.baznas.go.id.

Sementara itu, Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas, Irfan Syauqi Beik, mengatakan target ini akan bisa dicapai menjelang akhir Ramadhan. Dan 50 persen yang terkumpul ini dari UPZ, platform, retail, dan gerai. “Dalam rapat pleno sudah disampaikan, target dikejar di Juni 2019 ini karena biasanya di akhir memang masyarakat mulai membayar zakat fitrah,” jelas Irfan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement