Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Baznas Kota Tangerang Salurkan Zakat Hingga Rp 1,3 M

Senin 27 May 2019 16:33 WIB

Red: Gita Amanda

Ilustrasi Zakat

Ilustrasi Zakat

Foto: Republika/Mardiah
Penyaluran zakat dari Baznas ini ada dalam bentuk uang tunai dan paket sembako.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tangerang menyalurkan zakat sebesar Rp 1,3 miliar yang tersebar ke seluruh kecamatan dalam bentuk uang tunai dan paket kebutuhan pokok (sembako) Ramadhan Bahagia. Ketua Baznas Kota Tangerang, KH M Aslie El Husyairy di Tangerang, Banten, Senin (27/5), mengatakan penyaluran dilakukan secara bertahap sejak tanggal 21 Mei 2019 lalu.

"Untuk paket Ramadhan Bahagia senilai Rp 250 ribu disalurkan ke panti jompo, fakir miskin, dan pasien miskin di rumah sakit. Penyaluran paket Ramadhan Bahagia dilakukan langsung oleh petugas Baznas. Paket Ramadhan Bahagia dikemas dalam kotak kontainer dan disalurkan langsung ke rumah-rumah mustahik," katanya.

Penyaluran zakat dari Baznas Kota Tangerang ini ada dalam bentuk uang tunai dan paket sembako. "Untuk zakat yang disalurkan dalam bentuk uang tunai, tiap kelurahan mendapat Rp 9 juta. Oleh pihak kelurahan uang zakat itu akan disalurkan kepada warga yang berhak menerimanya," katanya.

KH M Aslie El Husyairy juga mengungkapkan di Kota Tangerang saat ini telah terbentuk 912 unit pengumpul zakat (UPZ), yang terdiri dari UPZ masjid dan musala, UPZ instansi pemerintah, UPZ perusahaan dan UPZ sekolah. Pembentukan UPZ ini sesuai amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.

"Baznas Kota Tangerang telah menerbitkan surat keputusan UPZ untuk masjid dan musala. Hal ini agar terhindar dari pelanggaran UU Zakat Nomor 23 Tahun 2011. UPZ adalah payung hukum pengelolaan keuangan zakat di masjid dan musala serta Institusi lainnya," katanya.

Baca Juga

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA