Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Salimah Kudus Gelar Silaturahim Pencinta Alquran

Senin 20 May 2019 17:17 WIB

Red: Agung Sasongko

Pimpinan Daerah (PD) Persaudaraan Muslimah (Salimah) menggelar acara Silaturrahim Pencinta Al-Qur’an Tiga pada Ahad (19/05).

Pimpinan Daerah (PD) Persaudaraan Muslimah (Salimah) menggelar acara Silaturrahim Pencinta Al-Qur’an Tiga pada Ahad (19/05).

Foto: Dok Salimah
Pencinta Alquran ini merupakan agenda rutin tahunan bidang pendidikan dan dakwah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pimpinan Daerah (PD) Persaudaraan Muslimah (Salimah) menggelar acara Silaturrahim Pecinta Al-Qur’an Tiga pada Ahad (19/05) di Hotel Poroliman Jalan Bhakti Nomor 5 Kudus. Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB ini berakhir hingga menjelang tengah hari dengan dihadiri hampir 200 peserta.

Silaturrahim Pecinta Al-Qur’an ini merupakan agenda rutin tahunan bidang pendidikan dan dakwah dengan tujuan mengajak peserta untuk meningkatkan interaksi dengan Al Qur’an, merealisasikan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sebagai fondasi pendidikan keluarga dan inspirasi kebangkitan umat Islam.

Menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu Ustazah Rochma Yulika dari Yogyakarta. Ustazah Rochma menyampaikan materi Qur’an Fondasi Pendidikan Keluarga dan Inspirasi Kebangkitan Ummat. Rochma merupakan penulis buku, mubalighoh, konsultan keluarga dan kontributor Rumah Keluarga Indonesia.

“Kaum Muslim yang rindu pada kebangkitan umat Islam harus segera membuka katup jiwanya dan memenuhinya dengan kesejukan Alquran. Biarlah ia mengalir mengisi relung-relung jiwa, menyegarkan iman, membersihkan pikiran dan membuahkan amal. Iringi setiap langkah dengan kekuatan kalamullah, sebagaimana generasi pertama Islam memulai langkah-langkahnya dengan kekuatan itu. Tidak ada jalan untuk membangkitkan umat dari kelemahan dan ketertinggalan mereka selain dari kembali kepada Alquran ini. Dan cukuplah Alquran sebagai petunjuk,” ungkapnya.

Rochma yang juga merupakan majelis syura ODOJ (One Day One Juz) menutup materinya dengan memotivasi audien untuk terus berlari tanpa lelah dalam jalan kebaikan, jangan pernah berhenti sebelum kaki kita menginjak surga. Sesi penyampaian materi dan tanya jawab dipandu oleh Eti Nidiawati dengan komunikatif sehingga peserta antusias dalam mengikuti jalannya seminar.

Dalam acara ini hadir tamu undangan dari ormas wanita Kabupaten Kudus, seperti GOW yang dihadiri langsung oleh Ketua GOW, Ibu Wakil Bupati Mawar Hartopo. Hadir pula perwakilan dari Dinas Sosial P3AP2KB Kudus sekaligus memberikan sambutan. Salimah turut mengundang para donatur tetapnya untuk menyaksikan penyerahan santunan yatim secara simbolis sebagai penutup rangkaian kegiatan sosial Salimah di bulan Ramadhan ini.

Untuk diketahui, di bulan Ramadhan ini Salimah Kudus menggelar berbagai kegiatan sosial berupa pembagian 270 paket sembako untuk janda dan dhuafa, pemberian 200 pasang baju baru untuk yatim, piatu, dan anak kurang mampu, pemberian santunan yatim berupa uang tunai, pembagian ratusan bungkus kurma, dan pembagian gamis dan jilbab baru untuk anggota majelis ta’lim yang membutuhkan.

Setelah sukses dengan Program Pembinaan Anak Yatim (P2AY), Komunitas Ortu Bijak,  dan Baitul Qur’an Salimah (BQS), di tahun ketiga kepengurusannya, Ketua PD Salimah Kudus, Yuliana Dewi Rahmawati, ST, MSi menjalankan kajian Islam online melalui Whatsapp bertajuk Sabila. Sabila yang merupakan kepanjangan dari Salimah Berbagi Ilmu merupakan program adopsi dari PP Salimah. Alhamdulillah, saat ini Sabila telah terlaksana 11 kali dengan diselingi kegiatan "kopi darat" anggotanya. Program ini dipandu oleh Latifah Munawarah, Lc, MA, Kabid Dakwah PD Salimah Kudus.

Yuliana Dewi Rahmawati mengungkap, “Segenap kegiatan Salimah Kudus termasuk Silaturrahim Pecinta Al Qur’an Tiga adalah usaha untuk mewujudkan visi Salimah yaitu meningkatkan kualitas hidup perempuan, anak, dan keluarga Indonesia dalam segala aspeknya. Meliputi peningkatan kualitas ruhiyah, fikriyah, jasadiyah, sehingga InsyaAllah tercapai kualitas hidup perempuan, anak dan keluarga Indonesia.”

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA