Sabtu 11 Mar 2023 12:10 WIB

Gelar Rakornas, Salimah Bahas Perluasan Program di Masyarakat

Selama ini Salimah sudah bersinergi dengan lembaga pemerintah.

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PP Salimah di Jakarta
Foto: Dok Salimah
Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PP Salimah di Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ormas Persaudaraan Muslimah (Salimah) mencanangkan komitmen untuk memperluas manfaat program di masyarakat. Hal tersebut diungkap oleh Ketua Umum Salimah, Etty Praktiknyowati, dalam pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pada Jumat (10/3/2023) di Hotel Millenium, Jakarta.

Etty menyatakan bahwa komitmen tersebut dijadikan tema Rakornas dengan harapan Salimah tumbuh menjadi organisasi yang kokoh dan luas jaringannya.

Baca Juga

"Semoga Salimah semakin kokoh dan luas jaringannya, sehingga manfaatnya dirasakan secara nyata oleh masyarakat sampai ke akar rumput. Untuk itu, Salimah bersemangat bersama masyarakat membangun struktur Salimah di tingkat kecamatan dan kelurahan," ujar Etty.

Ia juga menyatakan siap bekerjasama, berkolaborasi, dan bersinergi dengan pemerintah, lembaga swasta, dan ormas dalam mencapai visi misi untuk kebaikan masyarakat dan bangsa. Selama ini Salimah sudah bersinergi dengan lembaga pemerintah seperti Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), Bank Indonesia (BI), dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Salimah juga bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dalam rangka mendampingi UMKM perempuan melalui berbagai pelatihan untuk mendapatkan sertifikat halal dan izin edar serta izin usaha," imbuh Etty.

Sementara itu, ketua panitia, Diana Widyasari, mengatakan bahwa pertemuan ini merupakan Rakornas perdana paska pandemi. Selama dua tahun sebelumnya Rakornas dilaksanakan secara online.

Dalam Rakornas Salimah tahun 2023 dilaksanakan peluncuran Halal Center Salimah (HCS). HSC menjadi salah satu Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) yang berkoodinasi dengan BPJPH. Fungsinya membantu UMKM dalam melakukan proses sertifikasi halal melalui proses edukasi, pendampingan, dan konsultasi.

Selain HSC, dilakukan pula peluncuran Website Outlet Salimah, TV Salimah, dan buku Halal Lifestyle. Selanjutnya, Salimah secara simbolis menyalurkan bantuan usaha untuk dhuafa binaan Salimah kepada empat orang pelaku UMKM. Rakornas yang digelar selama tiga hari juga diisi penandatanganan MOU dengan beberapa mitra.

Acara yang dilaksanakan bertepatan dengan Milad Salimah ke-23 dihadiri oleh 300 pengurus Salimah dari seluruh Indonesia. Peserta terdiri dari pengurus Pimpinan Pusat (PP), utusan dari Pimpinan Wilayah (PW) di 34 provinsi, dan tiga calon provinsi baru yaitu Papua Barat Daya, Papua Selatan, dan Papua Tengah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement