Sabtu 13 Apr 2019 18:51 WIB

Larangan Bagi Wanita Saat Haid

Dalam Islam, seorang wanita yang sedang mengalami haid dianggap tidak suci.

Wanita haid (ilustrasi).
Foto:

Perihal shalat ini dibahas lebih lanjut dalam HR Bukhari. Dalam salah satu hadisnya menyebutkan jika suatu hari datanglah seorang wanita dan bertanya kepada Aisyah ra, "Apakah salah seorang dari kami harus mengqadha shalatnya bila telah suci dari haid?" Kemudian, istri Nabi pun bertanya, "Apakah engkau wanita Hururiyah? Kami dulunya haid di masa Nabi SAW. Beliau tidak memerintahkan kami mengganti shalat." Larangan kedua, yaitu berpuasa.

Para ulama sepakat jika Muslimah yang sedang haid atau masa setelah melahirkan masih mengeluarkan darah nifas, maka ia tidak diperbolehkan berpuasa. Jika haid ini terjadi saat bulan Ramadhan, Muslimah tersebut wajib mengganti puasanya.

Dari HR Muslim dan Abu Daud, Aisyah berkata, "Kami mengalami hal itu (haid), maka kami diperintahkan mengqhada puasa, tapi tidak diperintahkan mengqadha shalat." Semen tara itu, dari HR Muttafaq 'alaihi disebutkan, "Dari Abi Said Al-Khudhri ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, 'Bukankah bila wanita mendapat haid dia tidak boleh shalat dan puasa?'"

Larangan untuk berpuasa ini bukan hanya untuk puasa Ramadhan, puasa-puasa sunah pun dilarang ketika sedang haid dan nifas. Semua puasa sunah diharamkan untuk bagi yang sedang mengalami haid. Meski pun diharamkan untuk puasa saat Ramadhan, Muslimah yang sedang haid tetap bisa menggantinya dengan doa puasa Ramadhan yang diucapkan dalam hati. Hal ini membuat ibadah tetap bisa dilaksanakan.

Larangan berikutnya adalah tawaf, yaitu mengelilingi Ka'bah yang berada di Masjidil Haram sebanyak tujuh putaran. Dalam HR Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW pernah berpesan kepada Aisyah yang saat itu sedang melaksanakan ibadah haji ketika haid. Nabi berkata, "Kerjakanlah segala yang dikerjakan oleh orang yang sedang berhaji, tetapi jangan melakukan tawaf."

sumber : Dialog Jumat Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement