Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

DMI Berharap Renovasi Masjid Istiqlal Dongkrak Wisata Religi

Jumat 12 Apr 2019 17:49 WIB

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta membersihkan atap masjid pada kegiatan Grebek Bersih Masjid Istiqlal di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta membersihkan atap masjid pada kegiatan Grebek Bersih Masjid Istiqlal di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Renovasi Masjid Istiqlal bertujuan untuk memoles masjid bersejarah ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – renovasi masjid istiqlal diharapkan dapat membuat masjid itu semakin cantik dan bisa menarik lebih banyak wisatawan domestik dan mancanegara.  

Baca Juga

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal dewan masjid indonesia (DMI) Arief Rosyid mengatakan, Masjid Istiqlal menjadi masjid yang paling banyak dikunjungi wisatawan saat ini. Terlebih dengan sejarah berdirinya hingga menjadi simbol dan kebanggaan umat Islam Indonesia.  

“Saya berharap renovasinya diperhatikan artistiknya, bagaimana caranya agar bisa menarik wisatawan untuk bisa datang dan melihat,” kata Arief kepada Republika.co.id pada Jumat (12/4).  

Tak hanya dari sisi arsitektur bangunan, DMI pun menilai beberapa ruangan di Masjid Istiqlal seperti ruang imam besar dan manajemen sudah semestinya direnovasi agar lebih nyaman. 

Selain itu, dia menilai Masjid Istiqlal juga harus melengkapi berbagai fasilitas ramah difabel, ramah anak, dan ramah remaja. 

Ke depannya DMI berharap keunggulan Masjid Istiqlal dengan lebih diekspos agar menarik banyak wisatawan asing. “Kalau untuk anak muda itu perlu dibuat senyaman mungkin sehingga yang datang itu nyaman,” katanya. 

Rencana renovasi dibahas dalam rapat antara pengurus Masjid Istiqlal, Kementerian Agama, dan Kementerian PUPR pada Kamis (12/4). Anggaran untuk renovasi Masjid Istiqlal mencapai Rp 578 miliar.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA