Kamis 28 Feb 2019 20:00 WIB

Menelusuri Pemikiran Said Hawwa, Tokoh Ikhwanul Muslimin (1)

Said Hawwa memiliki pemikiran yang berpengaruh tidak hanya dalam lingkup IM.

(ilustrasi) Said Hawwa
Foto: tangkapan layar google
(ilustrasi) Said Hawwa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Said Hawwa lahir di Hammah (Suriah) pada 27 September 1935 dari pasangan Muhammad Diib Hawwa dan Arabiyyah Althaisy. Dia sudah aktif di Ikhwanul Muslimin (IM) sejak masih remaja. Tokoh ini berpulang ke rahmatullah pada 9 Maret 1987, setelah mengidap komplikasi penyakit di Amman, Yordania. Usianya kala itu, 54 tahun.

Pemikiran Said Hawwa cukup dipengaruhi sang Hujjahtul Islam Imam Ghazali. Pengaruh itu terutama dalam konteks kajian tasawuf yang digelutinya.

Baca Juga

Menurut Said, seorang sufi sejati tidak akan bertentangan dengan akidah ahlus sunnah wa al-jama’ah (Aswaja), sebagaimana gagasan itu telah dicetuskan al-Ghazali. Bukunya, Tarbiyatuna ar-Ruhiyah, mengkaji pelbagai aspek tentang tasawuf.

Di dalamnya, Said menegaskan paham Aswaja sebagai landasan jalan salik yang ideal. Dia juga menyanjung pelbagai legasi dari Imam Ghazali. Diimbaukannya agar kaum Muslimin membaca Ihya Ulumuddin karena itu memuat perkara-perkara yang baik tentang akhlak islami.

Dalam lingkup IM, dia menekankan keserasian antara bersufi dan berorganisasi. Bukunya, Fi Afaq At-Ta'alim, sengaja ditulis untuk mengomentari pemikiran dan gagasan-gagasan sang pendiri IM, Hasan al-Banna.

Baca juga: Mengenal Hasan al-Bana, Sosok di Balik Ikhwanul Muslimin

Pertama-tama, Said berpendapat bahwa seorang pemeluk Islam mesti ikut serta dalam jamaah dan menaati arahan imam. Dengan memperkuat jamaah, kehormatan agama ini dapat terjaga. Kaum Muslimin pun diharapkan tangguh menghadapi pelbagai gangguan.

sumber : Islam Digest Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement