Senin 28 Jan 2019 17:37 WIB

Mengenal Sunatullah

Semua yang terjadi di dunia ini tak berjalan dengan kebetulan.

Mengingat Allah Ilustrasi.
Foto:

Salah satu sunatullah yang berlaku adalah ketika mendapatkan petunjuk, pasti akan berhadapan dengan setan. Sunatullah sudah berlaku bagi manusia sejak Nabi Adam AS diciptakan. Setan tidak rela membiarkan manusia mengikuti petunjuk Allah.

Ia akan berusaha sekuat tenaga me mastikan manusia meninggalkan petunjuk. Artinya, ketika kita mengikuti petunjuk, kita pasti akan berhadapan dengan setan yang ada untuk menguji sejauh mana kita mengikuti petunjuk.

Sebelum tinggal di bumi, Nabi Adam AS mendapat informasi jika setan adalah musuh bagi dirinya dan istrinya. Setan akan berupaya menggodanya sehingga lupa mengikuti petunjuk. Tujuannya supaya Nabi Adam AS dikeluarkan dari surga dan hidup dalam kesengsaraan.

Di dalam QS Thaahaa: 117, Allah SWT berfirman, "Maka kami berkata: 'Hai Adam, sesungguhnya ini (iblis atau setan) adalah musuh bagimu dan bagi istri mu, maka sekali-kali janganlah sampai ia mengeluarkan kamu berdua dari surga, yang menyebabkan kamu menjadi celaka."

Meski sudah ada peringatan dari Allah, setan tidak berputus asa. Dia mencoba mendatangi Nabi Adam dan menggodanya. Ia membungkus niat jahatnya dengan kata-kata manis yang me mesona. "Kemudian setan membisikkan pikiran jahat kepada nya, dengan berkata: 'Hai Adam, maukah saya tunjukkan kepada kamu pohon khuldi dan kerajaan yang tidak akan binasa?" (QS Thaahaa: 120).

sumber : Dialog Jumat Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement