Rabu 19 Dec 2018 05:00 WIB

Pelajaran dari Sang Lebah

Di dalam madu terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Lebah
Foto:

Di dalam madu terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Maksudnya. Sebagian orang yang berbicara tentang pengobatan alaNabi berpendapat, madu adalah obat bagi segala macam penyakit.

Suatu hari ada seseorang yang mendatangi Rasulullah. Dia menceritakan jika saudaranya sedang sakit perut. Kemudian Rasulullah memerintahkannya untuk memberikan madu kepada saudaranya itu. Hamba Allah tersebut pulang untuk melaksanakan anjuran Rasulullah.

Namun, dia kembali mendatangi Rasul dan mengeluh karena saudaranya tak juga membaik justru bertambah parah keadaannya. Anjuran yang kedua pun tetap sama, Rasul memerintahkan untuk memberikan madu.

Setelahnya, dia datang kembali dan penyakit saudaranya pun tak kunjung sembuh. Sakitnya lebih parah daripada sebelum-sebelumnya. Maka Rasulullah bersabda, Mahabenar Allah dan perut saudaramu yang berdusta. Pergi dan beri lah dia minum madu. Kemudian dia pun pergi dan memberinya minum madu hingga akhirnya saudaranya itu sembuh.

Ketika madu itu makin mendorong sisa-sisa makanan yang sudah rusak dan membahayakan bagi badan, perutnya bertahan dan tekanannya pun menjadi normal, sehingga semua penyakit terdorong keluar berkat petunjuk Rasulullah.

Ada beberapa ahli ilmu kedokteran me ngatakan, pada perut orang itu terdapat banyak endapan sisa makanan, dan setelah diberi asupan madu, yang memang madu itu panas, maka endapan kotoran itu terlepas dan segera terdorong. Hal itu membuat perutnya bertambah sakit.

Dalam kitab Shahih al-Bukharidi sebutkan dari Ibnu `Abbas, Rasulullah ber kata, Kesembuhan itu ada pada tiga hal, yaitu pada pembekaman, pada minum madu, atau pembakaran dengan api. Aku melarang umatku dari kayy (peng obatan dengan cara pembakaran).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement