Rabu 19 Dec 2018 05:00 WIB

Pelajaran dari Sang Lebah

Di dalam madu terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Lebah
Foto:

Untuk mendapatkan lokasi mana yang terpilih, para lebah pengintai akan `berkoalisi' dengan lebah pengintai lain, sehingga jumlah yang mendukung sebuah lokasi ideal akan memenuhi jumlah mayoritas. Persaingan akan makin lama jika lokasi yang ditawarkan makin banyak, sedangkan lebah-lebah pengintai mulai membangun koalisi-koalisi antar mereka sendiri.

Pilihan akan makin mengerucut hingga hanya terdapat dua lokasi yang hampir sederajat kualitasnya. Untuk menentukan lokasi mana yang dipilih oleh lebah-lebah lain yang menunggu di sarang, lebah pengintai akan menari de ngan lebih banyak putaran pada lokasi yang lebih bagus, sedangkan lebah pengintai lain akan menari dengan lebih sedikit putaran pada lokasi yang kurang bagus.

Kemudian masing-masing dari mereka kembali ke rumah-rumah mereka, tan pa ada satu pun yang keliru memasuki rumahnya baik sebelah kanan mau pun kirinya, tetapi masing-masing memasuki rumahnya sendiri-sendiri, yang di dalamnya terdapat ribuan anakanaknya dengan persediaan madu.

Kisah ini menggambarkan pentingnya kebersamaan dalam menjalani kehidupan. Satu orang lebah tak akan mam pu membuat sarang yang besar, mencari makan, dan menjalani berbagai aktivitas untuk bertahan hidup. Namun, dengan kebersamaan, semuanya akan terasa mudah.

Lebah juga memberikan ibrah berharga tentang pentingnya menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk kehidup an. Madu yang dihasilkan lebah men jadi komoditas kesehatan yang dicari banyak orang. Khasiatnya diakui berbagai pihak sebagai antioksidan peningkat daya tahan tubuh. Ini adalah hasil yang berguna bagi banyak orang.

Ibrah itu memotivasi makhluk hidup lainnya untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai sama: bermanfaat bagi orang banyak. Karena itu manusia dalam hidupnya harus mampu mengukir dan menghasilkan sesuatu yang faidahnya dirasakan orang banyak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement