Sabtu 15 Dec 2018 07:17 WIB

Islam Pembawa Kedamaian

Islam merupakan agama yang penuh kasih sayang.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Agung Sasongko
Umat Islam melaksanakan shalat (ilustrasi).
Foto:

Syaikh Zuhair berpendapat Indonesia sedang dalam keadaan aman dan nyaman dengan sistem demokrasi yang anutnya. Menurut dia, sistem demokrasi sesungguhnya sudah sesuai syariah Islam. Oleh karena itu, Indonesia merupakan gambaran pemerintahan Islami.

Dalam kesempatan tersebut, Syaikh Zuhair juga menyinggung tentang isu Palestina. Dia mempertanyakan sikap umat Islam di dunia apabila tidak berbuat apa-apa terkait Palestina. Syaikh Zu hair mengharapkan peran umat Islam dalam isu pembebasan Pa les tina, khususnya dan umat Islam dunia ada umumnya.

"Apakah layak kita tidak berbuat apa-apa terkait Palestina atau Masjid al-Aqsha?" ujar Syaikh Zuhair menegaskan.

Pengasuh Pondok Pesantren UNIQ, Malang, Jawa Timur, KH Abdul Ghufron al-Bantani juga mengajak umat Islam Indonesia agar menebarkan kasih sayang kepada manusia. Di samping itu, Kiai Ghufron juga mengajak agar mencintai Tanah Air.

Dia menegaskan, berdirinya Indonesia tidak lepas dari perjuangan seluruh elemen bangsa, khu susnya umat Islam. Para ula ma dan tokoh lain dari agama lain nya turut serta mempertaruh kan segalanya demi berdirinya Indonesia. "Makanya ulama mengatakan tanpa sejarah tak akan ada Monas dan masjid, tetap Indonesia ya Indonesia," katanya.

Kiai Ghufron juga mengajak para ulama di Indonesia mempererat persatuan dan kesatuan agar Indonesia selalu damai. Sebab dengan cara tersebut bentuk nya ta meneruskan perjuangan ulama terdahulu dalam meraih kemer dekaan.

"Kita harus jagalah kebersih an hati, saling tolong-menolong," kata Kiai Ghufron.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement