Selasa 11 Dec 2018 15:10 WIB

Masjid Tua Persatukan Umat Islam di Iowa

Saat hari raya dan Ramadhan, Muslimin berkumpul di masjid-masjid.

Kegiatan di Mother mosque atau masjid ibu di IOWA, Amerika Serikat
Foto: tripadvisor.com
Kegiatan di Mother mosque atau masjid ibu di IOWA, Amerika Serikat

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Saat ini, Muslimin Iowa pun dapat hidup nyaman. Islamic center dan masjid berdiri di negara bagian tersebut. Jumlahnya pun tak sedikit.

Beberapa di antaranya, yakni Islamic Center of Des Moines, Islamic and Cultural Center "Bosnjak", Darul Arqum Islamic Center of Ames, Islamic Center of Cedar Rapids, Mother Mosque of N. America, Iowa City Mosque, Islamic Center of Davenport, dan lain sebagainya.

Baca: Jejak Islam di Iowa

Saat hari raya dan Ramadhan, Muslimin berkumpul di masjid-masjid. Mereka menggelar kajian keislaman di sana. Selama hari biasa, anak-anak Muslimin pun belajar mengaji di masjid dan islamic center.

 

photo
Mother Mosque of America di Iowa, Amerika Serikat.

Di antara banyak masjid yang berdiri di Iowa, terdapat satu masjid yang tertua. Bahkan, tak hanya tertua di Iowa, tapi juga di AS. “Mother Mosque of America”, demikian warga menyebut nama masjid tersebut. Masjid ini berdiri sejak 1934 di Cedar Rapids.

Baca Juga: Kontribusi Umat Islam di Iowa dalam Sejarah AS

Bangunan sempat dikenal sebagai “Rose of Fraternity Lodge” dan “Mosque Temple”. Inilah masjid yang paling bertahan lama di kawasan Amerika Utara, baik AS maupun Kanada.

Bahkan, pada Juni 1952, umat Islam dari seluruh kawasan Amerika Utara pernah berkumpul di masjid tersebut kemudian membentuk Federasi Asosiasi Islam di Amerika Serikat dan Kanada.

sumber : Islam Digest Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement