Sabtu 08 Dec 2018 05:35 WIB

Keutamaan Muslimah Berada di Rumah

Perintah dari Allah ini mengandung banyak hikmah dan maslahat.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Muslimah
Foto:

HR Bukhari dan Muslim menyatakan seorang muslimah memiliki tanggung jawab besar terhadap rumah tangganya. Apabila laki-laki ditunjuk sebagai pe mimpin keluarga. Seorang Muslimah pun berperan bagi pemimpin bagi anggota keluarganya.

"... Seorang laki-laki adalah pe mim pin bagi keluarganya dan ia akan ditanya tentang yang dipimpinnya. Seorang wanita adalah pemimpin bagi anggota keluarga suaminya serta anak-anaknya dan ia akan ditanya tentang mereka. Seorang budak adalah pemimpin atas harta tuannya dan ia akan ditanya tentang harta tersebut. Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan ditanya tentang yang dipimpinnya." (HR Bukhari 893 dan Muslim 1829).

Seorang istri merupakan pemimpin yang menjaga rumah suaminya. Dia akan ditanya tentang penjagaanya itu. Wajib baginya untuk mengurus rumah dengan baik. Dalam memasak, menyiapkan hi dangan makan dan minum hingga me nyiap kan pakaian. Seorang Muslimah pun harus menjadi wanita yang memiliki sikap penengah karena sikap pertengahan adalah separuh dari penghidupan. Tidak boleh melampaui batas dalam apa yang tidak sepantasnya.

Mengenai rezeki atau harta, banyak wanita modern yang kini ingin berusaha mencari sendiri. Banyak role model Muslimah yang menjadi wanita karier dan ditiru oleh muslimah lainnya. Perihal rezeki dan nafkah ini, Allah SWT telah menyatakan itu adalah tugas dan tanggung jawab kaum lelaki.

Dalam an-Nisa ayat 34 Allah berfirman, "Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan se ba hagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita), dan karena me reka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suami nya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka)."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement