Ahad 25 Nov 2018 07:51 WIB

Contoh Pemimpin yang Ideal

Rasulullah SAW adalah manusia agung yang berakhlak mulia.

Rep: Rahmat Fajar/Ratna Ajeng Tejomukti / Red: Agung Sasongko
Rasulullah
Foto:

Cendekiawan Muslim, Dr Adian Husaini, mengatakan, semua yang dilakukan Rasulullah dapat dijadikan referensi dalam kehidupan sekarang ini. Aspek akhlak, perilaku dalam keluarga, bertetangga serta bermuamalah pun dapat mengambil pelajaran dari Nabi SAW.

"Bahkan bagaimana memimpin perang sampai memimpin negara pun Rasulullah memberikan contoh," tuturnya.

Dalam dunia pendidikan, Adian menilai, Rasulullah adalah guru terbaik yang mampu mendidik dari anak-anak hingga dewasa. Bahkan, dari proses pendidikannya melahirkan suatu gene rasi terbaik. Oleh karena itu, ia menegaskan, sosok Rasulullah memiliki keteladanan yang lengkap.

Rasulullah juga mempunyai kemapanan sebagai pemimpin keluarga sehingga keluarga nabi menjadi model keharmonisan rumah tangga. Dalam memimpin sebuah negara, Rasulullah juga mempunyai kelihaian.

Negeri yang dipimpinnya adalah negara pertama yang mempunyai konstitusi tertulis. "Nabi membangun suatu negara yang masyarakatnya itu hidup dengan penuh kasih sayang, saling tolong-menolong. Kemudian, mereka masyarakat yang sangat haus ilmu, sangat mencintai tradisi menulis," katanya.

Adian menambahkan, negara yang dipimpinnya juga membuat masyarakatnya membenci terhadap minuman ke ras. Termasuk membenci perilaku ko rupsi. Oleh karena itu, Adian menilai, gam baran masyarakat tersebut tak le pas dari keteladanan dan kepemimpinan Rasulullah. Dari Rasulullah, lanjut Adian, umat Islam sekarang ini dapat mengambil pelajaran akhlak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement