Sabtu 17 Nov 2018 05:35 WIB

Memaknai Rukuk

Nabi SAW melarang membaca Alquran ketika rukuk dan sujud.

Rukuk
Foto:

Rukuk memiliki bacaan yang dicontohkan Rasulullah SAW. Beberapa bacaan rukuk yakni 'Subhaana Robbiyal 'Azhimi' ("Maha suci Rabbku yang Maha agung"). Selain itu, Al Qahthani mengungkapkan, ada bacaan tambahan lain yang bisa dirapalkan seperti apa yang diriwayatkan Nabi SAW.

"Subhanakallahumma Robbanaa wa bihamdikalla hum maghfirli" artinya "Maha suci Engkau, ya Allah, Rabb kami dan segala puji hanya bagi-Mu. Ya Allah, ampunilah aku." "Subbuhun quddusun robbul malaikati warruuh." artinya "Mahasuci, Mahakudus, Rabb para malaikat dan ruh. "

"Allahummalaka roka'tu wa bika amantu walaka aslamtu anta robbi khasya'a sam'i wa ba shari wa mukkhi wa 'azhmi wa'as habi" artinya "Ya Allah, untuk-Mu aku rukuk, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu pula aku berserah diri, pendengaran, penglihatan, otak, tulang, dan uratku khusyu' (tunduk) kepada-Mu."

Nabi SAW melarang membaca Alquran ketika rukuk dan su jud. Nabi SAW bersabda, "Ketahuilah, sesungguhnya aku dilarang membaca Alquran pada saat sedang rukuk dan sujud. Adapun pada saat rukuk maka agungkanlah Rabb yang Mahaperkasa lagi Mahamulia. Sedangkan, dalam sujud, bersungguh-sungguhlah dalam doa sehingga doa kalian layak untuk dikabulkan."

sumber : Dialog Jumat Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement