Selasa 19 Nov 2019 19:00 WIB

Rukuk dan Keutamaan Mencari Fadhilah dan Ridhwan-Nya

Rukuk menjadi salah satu sarana ampuh untuk berdoa.

Rukuk
Foto: wordpress
Rukuk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pendiri Quran and Sunnah Solution Ustaz Adi Hidayat mengungkap rukuk menjadi salah satu sarana ampuh untuk berdoa kepada Allah SWT. Menurut dia, di dalam rukuk, ada peluang besar terkabulnya doa seorang Muslim. Dia pun menyitir salah satu ayat dalam Alquran. "…Kamu lihat mereka ruku' dan sujud mencari Fadhilah Allah dan ridhwan-Nya… " (QS al-Fath: 29).

Fadhilah merupakan salah satu keutamaan khususnya dalam urusan dunia. Doa-doa untuk meraih keutamaan tersebut bisa di ha jatkan ketika rukuk. Doa diucapkan dalam hati dengan keyakinan tanpa keraguan. Tak hanya itu, doa ini pun bersifat paling utama.

Baca Juga

Artinya, nomor satu dalam urusan dunia. Namun, kita semestinya cerdas dalam memaknai keutamaan ini. Artinya, keutamaan tersebut harus melihat apa yang kita butuhkan dan benar-benar cocok dengan diri kita. Bukan semata-mata keinginan.

Bagaimana dengan ridhwan?

Ustaz Adi menjelaskan, ridhwan bermakna semua aktivitas yang sudah diridhai Allah. Ketika sudah mendapat ridha Allah, maka sudah bernilai ibadah. Menurut Ustaz Adi, jika Allah sudah ridha artinya sudah ada pahalanya. Dia mencontohkan, para sahabat Nabi SAW yang disebutkan Allah sebagai Radhiyallahuanhum wa ra dhuanhu atau ridha Allah un tuk mereka dan mereka pun ridha kepada-Nya (QS al-Bayyinah: 8).

Semua aktivitas mereka dijaga sehingga selalu menjadi ibadah. Karena itu, Ustaz Adi menjelaskan, ridhwan bermakna sebagai keutamaan atau kemuliaan akhirat. Ketika Fadhlan dan Ridhwan disandingkan, dimohonkan dan insya Allah dikabulkan, maka akan lahir hamba yang utama baik dari sisi dunia dan akhirat. wallahualam. 

sumber : Dialog Jumat Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement