Sabtu 10 Nov 2018 18:40 WIB

Gandeng LAZ dan Kemenag, Baznas Gelar Pameran Zakat

Program ini merupakan upaya mengedukasi program pengentasan kemiskinan.

Rep: Novita Intan/ Red: Nashih Nashrullah
Logo Baznas.
Foto: blogspot.com
Logo Baznas.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTEN— Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bersama Kementerian Agama (Kemenag) dan lembaga amil zakat (LAZ) yang tergabung dalam Forum Zakat (FOZ) menggelar acara expo bertajuk Program Kampung Zakat Community Development (ZCD). 

Anggota BAZNAS Nana Mintarti mengatakan, Kampung Zakat merupakan kegiatan Kementerian Agama (Kemenag) RI bersama-sama dengan Baznas dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) nasional dalam mengatasi permasalahan rakyat yang berhubungan dengan bidang dakwah, ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan sosial kemanusiaan.

Dia menyebutkan, Baznas bersama Kemenag dan para LAZ saat ini sudah mengembangkan sebanyak tujuh Kampung Zakat. Di Banten, Kampung Zakat yang sudah berjalan berada di Desa Ciladaeun, Kecamatan Lebakgedong, Kabupaten Lebak," katanya dalam keterangan tulis yang diterima Republika.co.id, Sabtu (10/11).

Sementara itu, Ketua Baznas Provinsi Banten Suparman Usman mengatakan, saat ini untuk program Kampung Zakat Ciladaeun sudah mulai dengan kegiatan pelatihan dan pengemasan untuk kelompok olahan pisang dan kelompok diversifikasi gula aren oleh Baznas Provinsi Banten. 

“Kampung Zakat melalui berbagai fasilitas kemudahan bagi masyarakat yang berada dibawah garis kemiskinan untuk memperoleh hak dasarnya dan mengangkat harkat dan martabat umat yang memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,” ucapnya.

Ia menambahkan, Program Kampung Zakat ini merupakan pilot project yang kedepannya akan dibentuk kembali kampung-kampung zakat lebih banyak di wilayah-wilayah lainnya. 

Kegiatan expo itu, menyuguhkan pameran-pameran buku islami, menampilkan foto-foto kegiatan kampung zakat, dan produk-produk makanan hasil dari masyarakat di kampung zakat. Hadir dalam Expo Program Kampung Zakat, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag, Fuad Nasar, pejabat pemerintah daerah Provinsi Banten, dan Kabupaten Lebak, serta jajaran Baznas. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement