Sabtu 03 Nov 2018 06:00 WIB

Faedah Puasa Daud

Nabi Nuh AS bahkan puasa sepanjang tahun.

Ilustrasi Buka Puasa Bersama
Foto:

Lewat puasa Daud, seseorang juga akan men dapat pendidikan sabar. Puasa Daud akan membuat kita lebih bersih dalam emosi dan spiritual. Puasa sunah ini juga bi sa disebut sebagai zakat jiwa. Dalam salah satu hadis, Nabi SAW bersabda, "Segala sesuatu itu ada zakatnya, sedangkan zakat jiwa itu adalah berpuasa. Dan puasa itu separuh dari kesabaran." (HR Ibnu Majah).

Orang yang istiqamah dalam menjalan kan Puasa Daud pun mampu istiqa mah da lam melaksanakan ajaran agamanya. Dia sudah terbukti lulus dalam latihan berpua sa. Meski berat, dia menjalaninya dengan keikhlasan.

Dari istiqamah ini, ia akan istiqamah termasuk dalam menja lankan ibadahnya dengan konsisten. Mulai ibadah ringan hingga berat. Orang yang istiqamah ini tidak akan merasakan keresahan dan kegelisahan di dalam hidupnya.

"Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: 'Tuhan kami adalah Allah.' Ke mu dian mereka meneguhkan pendirian me reka maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: 'Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan janah yang telah dijanjikan Allah kepadamu.'" (QS Fushshilat: 30-32).

sumber : Dialog Jumat Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement