Kamis 25 Oct 2018 19:44 WIB

Islam di Negeri Bilad Sudan

Rute perdagangan berperan penting dalam penyebaran Islam di wilayah ini.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Muslim Nigeria
Muslim Nigeria

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Nigeria memiliki populasi 140 juta orang. Lebih dari 75 juta orang di antaranya adalah Muslim. Dengan populasi tersebut, Nigeria menempati urutan kelima negara dengan populasi Muslim tertinggi setelah Indonesia, India, Pakistan dan Bangladesh.

Negeri ini diapit oleh tanah Dahomey yang sekarang menjadi Republik Benin. Ini merupakan ujung timur Kerajaan Songhai kuno di barat dan Kamerun di sebelah timur. Nigeria adalah wilayah dengan luas sekitar 923.768 km persegi.

Nama negara ini berasal dari sungai terpanjang di benua Afrika, Niger. Nigeria berbatasan langsung dengan Samudra Atlantik. Sebelah selatannya berbatasan dengan Republik Niger yang berjalan sejauh 1. 497 kilometer. Sedangkan sebelah utara berbatasan dengan Chad.

Negara yang dikenal sebagai Nigeria hari ini adalah bagian dari wilayah yang umumnya dikenal di era Islam dulu sebagai negeri Sudan (Bilad Sudan). Negeri ini memiliki kota-kota seperti Katsina, Kano, dan Sokoto, yang dulu dipengaruhi oleh kerajaan-kerajaan besar Afrika Barat sebelumnya seperti Ashanti [Ghana], Songhai dan Malian.

Ada juga Kerajaan Kanem Bornu yang budaya dan peradabannya melampaui batas Nigeria sekarang. Di sebelah barat dan timur laut Nigeria adalah kerajaan yang luas terkenal, dan mereka memiliki dampak signifikan terhadap peradaban dan pertumbuhan negara-negara bagian Nigeria yang berdampingan.

Sejarah mencatat bahwa perdagangan terjadi antara Afrika Utara dan Afrika Barat. Ada jalur perdagangan yang terkenal dengan asal Maroko, Libya, Tarblus, Tunis, dan Mesir, yang menghubungkan berbagai kota pusat perdagangan dari berbagai kerajaan.

Sementara pedagang dari arah Barat, seperti Afrika Utara membawa sutra, pelana, garam, pedang, bahan tekstil un tuk dijual, dan lainnya. Mereka mem beli emas, kulit, kulit, gading, dan bu dak, dari rekan-rekan Afrika Barat. Rute perdagangan ini menjadi sangat berguna dalam penyebaran Islam di wilayah ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement