Selasa 23 Oct 2018 18:20 WIB

Lebah, Makhluk Kecil yang Memesona

Apa yang ingin disampaikan Alquran tentang keistimewaan lebah?

Lebah
Foto:

Ilmuwan Islam Harun Yahya dalam bukunya Keajaiban Lebah mengatakan, lebah adalah makhluk yang bisa lebih hebat dari pakar matematika sekali pun. Seperti halnya lebah madu yang hidup sebagai koloni dalam sarang mereka.

Mereka mampu membangun sarang dengan sangat teliti. Dalam tiap sarang terdapat ribuan kantung berbentuk heksagonal atau segi enam yang dibuat untuk menyimpan madu. 

Mengapa sarang mereka berbentuk heksagonal?

Hal ini dijawab oleh pakar matematika dunia yang mengatakan, cara terbaik membangun gudang simpanan dengan kapasitas terbesar dan menggunakan bahan bangunan sesedikit mungkin, yakni dengan membuat dinding berbentuk heksagonal. Kesimpulan ini dihasilkan setelah melakukan pengkajian perhitungan yang panjang dan rumit.

Selain soal arsitek bangunan yang hebat, kerja sama antarsesama lebah juga sangat mengagumkan. Ini yang patut dipelajari manusia dari lebah. Untuk mengisi kantung-kantung lebah tersebut dengan madu, lebah harus mengumpulkan nektar, yakni cairan manis pada bunga. Ini termasuk tugas yang sangat berat.

Penelitian ilmiah terkini mengungkapkan bahwa untuk memproduksi setengah kilogram madu, lebah harus mengunjungi sekitar empat juta kuntum bunga. Mendapatkan bunga-bunga ini pun merupakan pekerjaan berat tersendiri. Oleh karenanya, koloni lebah memiliki sejumlah lebah pemandu dan lebah pencari makan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement