Selasa 23 Oct 2018 18:20 WIB

Lebah, Makhluk Kecil yang Memesona

Apa yang ingin disampaikan Alquran tentang keistimewaan lebah?

Lebah
Foto:

Inilah salah satu pelajaran yang ingin disampaikan Alquran agar manusia bisa belajar dari serangga kecil bernama lebah. Segala kepintaran lebah yang luar biasa tersebut merupakan ilham dari Allah SWT. 

Seperti difirmankan Allah, “Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah, buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibuat manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kebesaran Tuhan bagi orang-orang yang memikirkan. (QS an-Nahl [16]: 68-69).

Banyak hikmah yang bisa diambil dari lebah. Di antaranya, sifat gotong royong dan bekerja keras. Mereka hidup dalam suatu tatanan organisasi yang sangat disiplin dan tertib. Tiap-tiap lebah mempunyai kesadaran diri untuk mencapai prestasi seoptimal mungkin sehingga kelangsungan dan kesanggupan membentuk koloni sangat kuat. Ini sesuai dengan perumpamaan persatuan umat Islam yang digambarkan Alquran.

Selain itu, lebah hanya makan dari sesuatu yang baik. Tidak seperti serangga lainnya yang memamah kotoran. Sebab itulah, ia juga menghasilkan sesuatu yang baik pula. Madu yang dihasilkan lebah merupakan minuman terbaik yang menjadi kegemaran Rasulullah SAW sendiri.

Di samping itu, lebah tidak menjadi ancaman bagi lingkungannya selama ia tidak diganggu. Ketika eksistensinya terancam, barulah lebah secara jantan membela kehormatannya. Sengatannya yang sangat mematikan dapat melumpuhkan siapa saja. Demikianlah perumpamaan wala’ wal bara’ yang mensyifati orang mukmin saling berkasih sayang sesamanya dan keras terhadap orang kafir yang mengganggu mereka (QS Ali Imran [3]: 159-160). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement