Selasa 23 Oct 2018 18:20 WIB

Lebah, Makhluk Kecil yang Memesona

Apa yang ingin disampaikan Alquran tentang keistimewaan lebah?

Lebah
Foto:

Pertanyaannya, bagaimana lebah pencari makan tersebut menemukan bunga di wilayah yang begitu luas? Kemudian, bagaimana mereka bisa kembali ke sarang mereka tanpa tersesat? 

Harun Yahya menerangkan, ketika seekor lebah telah menemukan sumber bunga maka tugas berikutnya dari lebah pemandu ini, yaitu untuk kembali ke sarang dan memberitahu lebah-lebah lain tentang lokasi di mana ia menemukan kumpulan bunga tersebut. 

Sesampai di sarangnya, ia membiarkan lebah-lebah lain mencicipi sedikit nektar yang ia bawa. Ini penting untuk memberitahu mereka tentang kualitas nektar tersebut. Lalu bagaimana ia memberitahukan rekannya, sedangkan lebah tidak bisa bersuara?

Lebah tersebut menjelaskan tempat yang dituju dengan cara melakukan tarian. Lebah pemandu mulai menari di tengah-tengah sarang dengan menggoyangkan badannya. Tarian inilah yang menjadi kode mengenai informasi lokasi sumber bunga. 

Misalnya, jika tarian berupa garis lurus ke arah bagian atas sarang maka sumber makanan tepat mengarah ke arah matahari. Jika bunga berada pada arah sebaliknya, lebah akan membuat garis ke arah tersebut. Jika lebah menari ke arah kanan maka ini menunjukkan bahwa sumber bunga berada tepat 90 derajat ke arah kanan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement