Rabu 10 Oct 2018 05:30 WIB

Musa Franco: Puasa Dapat Menjadi Penolong Muslim

Mualaf memerlukan keteguhan menjalani ajaran Islam

Beribadah/ilustrasi

Hal tersulit saat pertama kali menjadi Muslim adalah menjalankan puasa Ramadhan selama 30 hari. Ini karena dia bukan berasal dari keluarga Muslim sehingga tidak terbiasa.

Dia harus sendirian bangun pada malam hari bersahur. Kemudian tak ada yang menemaninya menahan lapar, haus, dan segala hal yang membatalkan puasa pada siang hari.Ketika berbuka puasa, tak ada yang menemaninya merayakan keberhasilan berpuasa selama sehari.

Namun kesendirian itu tak berlangsung lama. Dia mencari perkumpulan Muslim. Sampailah dia ke sebuah masjid di kota tempat tinggalnya. "Kapan pun saya bisa pergi ke masjid, saya menikmati berbuka puasa dengan masyarakat. Juga, diundang ke rumah orang untuk berbuka puasa hal yang baik," katanya.

Mualaf memerlukan keteguhan menjalani ajaran Islam. Agama tersebut merupakan jalan seseorang memperoleh keselamatan. Puasa merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dijalani. Puasa dapat menjadi penolong Muslim. Franco yakin berpuasa dapat menghapus dosa- dosa sepanjang tahun.

Berpuasa, bagi Franco juga dapat menyingkirkan kebiasaan buruk seperti merokok, bergosip memaki, dan berbagai perangai tercela. Berpuasa merupakan ibadah unik, lebih personal, karena hanya yang melakukannya dan Tuhan yang mengetahui.

Rasulullah berkata: Sesungguhnya Tuhanmu berkata: Setiap perbuatan baik dihargai dengan sepuluh yang sama hingga tujuh ratus kali lipat. Puasa adalah untuk- Ku, dan aku akan menghadiahinya. Puasa adalah perisai dari Api. Bau yang datang dari mulut orang yang berpuasa lebih menyenangkan bagi Allah daripada aroma kesturi. Jika salah satu dari Anda dilecehkan oleh orang yang tidak tahu apa-apa saat berpuasa, maka biarkan dia berkata:'Benar saya sedang berpuasa.(HR Tirmizi).

Bagi Franco hadis ini mengimplikasikan bahwa pahala untuk berpuasa bisa lebih dari 700 kali lipat. Puasa juga merupakan sebuah apresiasi dan rasa syukur.Karena, ada banyak hal yang didapatkan sebagai manusia begitu saja dan berpuasa dapat memungkinkan untuk melihat berbagai hal dari perspektif yang lebih luas.

sumber : Islam Digest Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement