Jumat 28 Sep 2018 13:00 WIB

Ini 10 Masjid Terpopuler di Aplikasi DMI

Aplikasi DMI berisi fitur menarik seperti jadwal shalat, arah kiblat, lokasi masjid.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Andi Nur Aminah
Seorang jamaah membaca poster-poster yang dipasang di lingkungan masjid Cut Mutia Jakarta, Selasa (15/12).
Foto: Republika/ Darmawan
Seorang jamaah membaca poster-poster yang dipasang di lingkungan masjid Cut Mutia Jakarta, Selasa (15/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aplikasi Dewan Masjid Indonesia (DMI) telah memuat daftar nama masjid dengan dilengkapi letak astronomis dan alamat lengkap serta nomor telpon pengurus masjid. Dari puluhan ribu masjid yang telah terdaftar di aplikasi, terdapat 10 masjid terpopuler dalam aplikasi DMI.

Sekretaris Bidang Media Informasi dan Hubungan Masyarakat Pimpinan Pusat Perhimpunan Remaja Masjid (Prima) DMI, Muhammad Ibrahim Hamdani mengatakan, sampai saat ini terdapat 30.435 masjid yang sudah terdata di dalam aplikasi. Ada 10 masjid terpopuler dalam Aplikasi DMI. Di antaranya Masjid As Salam di Jember, Masjid Nurul Hikmah dan Masjid Al Azhar di Jakarta Selatan serta Masjid Cut Meutia di Jakarta Pusat.

"Kemudian Masjid Raya Mujahidin di Pontianak, Masjid Al-Muhajirin dan Masjid At-Taubah serta Masjid Baabul Jannah di Depok, juga ada Masjid Al-Muaawanah di Kota Bogor dan Masjid Nurul Ikhlash Lampung Utara," kata Ibrahim kepada Republika.co.id, Jumat (28/9).

Ia menerangkan, aplikasi DMI juga memiliki beragam fitur menarik seperti jadwal shalat, arah kiblat, lokasi masjid terdekat, cari masjid, masjid teraktif, kegiatan masjid terdekat dan hallo da'i serta da'i terpopuler. Artinya, aplikasi DMI merupakan teknologi informasi untuk menjawab tantangan dan kebutuhan praktis generasi milenial.

Menurutnya, masjid merupakan pusat peradaban umat sejak era Nabi Muhammad SAW. Masjid tidak hanya menjadi tempat berlangsungnya ibadah mahdah kepada Allah SWT. Namun masjid juga menjadi tempat berlangsungnya ibadah sosial.

Di antara berbagai peranan sosial kemasyarakatan masjid, aplikasi DMI menjadi lahan terbuka bagi inovasi dakwah dan syiar Islam di masa depan. "Generasi milenial khususnya remaja masjid, dapat memanfaatkan aplikasi ini sebesar-besarnya untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi sembari berdakwah dan beramal shaleh," ujarnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement