Senin 10 Sep 2018 19:15 WIB

Guyana Jamin Kebebasan Beragama Umat Islam

Sebanyak 7,3 persen dari populasi negara tersebut beragama Islam.

Muslim Guyana
Foto: .caribbeanmuslims.com
Muslim Guyana

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama Republik Kooperatif Guyana, dahulu bernama Guyana Britania, adalah sebuah negara di pesisir utara Amerika Selatan.Di negara ini,  Islam merupakan agama terbesar ketiga di Guyana setelah agama Kristen dan Hindu.

Menurut sensus 2002, sebanyak 7,3 persen dari populasi negara tersebut beragama Islam. Namun, survei Pew Research me nunjukkan temuan yang berbeda. Pada 2010 lembaga riset terkemuka yang berpusat di Amerika Serikat ini memperkirakan sebanyak 6,4 persen populasi negara tersebut adalah Muslim.

Meski Muslim adalah komunitas minoritas, mereka tetap mendapatkan hak dan jaminan beragama. Konstitusi Guyana menjamin kebebasan beragama, dan dalam praktiknya, pemerintah pada umumnya menghormati hak ini.

Di negara ini relatif tidak ditemukan laporan pelanggaran atau diskriminasi masyarakat yang dilakukan berdasarkan kepercayaan atau praktik keagamaan. Para tokoh masyarakat mengambil langkah positif untuk mempromosikan kebebasan beragama.

Kendati demikian, secara politik, posisi umat Islam di Guyana masih lemah. Sampai tahun 1994, umat Islam sempat tidak memiliki hak suara di Guyana. Padahal, kontribusi warga Muslim di negara ini sangat besar terhadap sektor sosio-ekonomi. Meskipun sekarang mereka sudah mengantongi hak memilih, keterwakilan umat Islam di pemerintahan masih kurang.

Sedangkan, di bidang sosial kema syarakatan, keagamaan, dan pendidikan, aktivitas umat Islam bebas berperan. Kegiatan mereka banyak terwadahi di berbagai organisasi. Organisasi Islam Pusat Guyana (CIOG) adalah organisasi Islam tertua di Guyana. Mereka aktif dalam bidang sosial dan membantu yatim piatu.

Selain CIOG, terdapat Guyana Islamic Trust (GIT). GIT adalah organisasi nirlaba yang telah berdiri sejak 1978. GIT telah mendedikasikan dirinya pada proses membawa peningkatan intelektual, moral, dan spiritual kepada individu, keluarga, dan masyarakat di Guyana.

Tujuan utama mereka adalah di bidang pen didikan karena organisasi percaya ketidaktahuan adalah akar penyebab intoleransi, rasisme, amoralitas, dan kriminalitas yang dapat merusak tatanan masyarakat Guyana dan dunia. Untuk mewujudkan hal tersebut, Guyana Islamic Trust memiliki 14 cabang administrasi.

Para Muslimah Guyana juga memiliki wadah tersendiri untuk beraktualisasi. Salah satunya adalah Asosiasi Perempuan Islam Nasional (NISA). NISA memiliki beberapa program kerja yang diperuntukkan bagi perempuan Guyana.

Di antaranya program yang berfokus mempromosikan ajaran dan nilai-nilai Islam di kalangan perempuan Guyana, menghidupkan kembali praktik Alquran dan sunah dalam kehidupan Muslimah, memberikan bantuan, mengadvokasi nilai- nilai keluarga Islam dan hak-hak yang diberikan oleh Islam kepada perempuan dalam proses reorganisasi kehidupan Islam di Guyana, memberikan konseling dalam pekerjaan dan keterampilan untuk peningkatan peran perempuan serta melaksanakan kegiatan penggalangan dana.

sumber : Islam Digest Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement