Ahad 24 Jun 2018 12:56 WIB

PKPU HI Buka 26 Sumur untuk Somalia di Tujuh Provinsi

Pemboran sumur untuk mengatasi kekeringan hebat yang melanda Somalia.

Sumur untuk warga Somalia.
Foto: PKPU
Sumur untuk warga Somalia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim PKPU Human Initiative mulai memfungsikan semua akses sumur di Somalia yang tersebar di tujuh provinsi. Sumur ini merupakan inisiatif program Water For Life yang di prakarsai sejak kekeringan hebat melanda Somalia tahun 2016 dan 2017 lalu.

Demikian dikatakan Achmad Zaki Jawash, Ketua Yayasan PKPU Human Initiative dalam pertemuan dengan mitra lokal dan international di Mogadishu di sela persiapan peresmian program. Pertemuan ini juga dalam rangka persiapan peresmian tiga unit Sumur Dalam Artesis yang rampung dan mulai digunakan pengungsi sejak awal Ramadhan tahun ini. Di antara sumur yang difungsikan mencapai kedalaman 200 meter.

photo
Sumur untuk warga Somalia.

Achmad Zaki mengatakan, sebaran sumur-sumur yang dibangun di tujuh provinsi meliputi Banadir Region, Lower Shabelle, Middle Shabelle, Bay Region, Hiraan, dan Somaliland dibagian Utara. Program Water for Life di Somalia merupakan respon terhadap dampak kekeringan yang melanda Somalia dan kawasan sekitarnya sejak 2016 silam. Dampak dari bencana ini sekira 6,5 juta jiwa atau separu penduduk Somalia mengungsi keberbagai kota terdekat dan negara tetangga.

Pembuatan 26 unit sumur merupakan salah satu rangkaian program Water for Life selain distribusi air bersih, hyegiene kit, distribusi makanan dan meat for refugees. Ini untuk merespon pengungsi dari ancaman kelaparan berkepanjangan dalam kurun dua tahun terakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement