Jumat 15 Jun 2018 14:41 WIB

Gema Takbir Menggema di Hong Kong

Di Hong Kong sudah diumumkan hari ini jatuhnya 1 syawal 1439 H jatuh pada Jumat (15/6

Hong Kong
Foto: wikimedia
Hong Kong

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: H. Khumaini Rosadi, SQ, M.Pd.I )*

Allahu akbar.. Allahu akbar.. Allahu akbar..
Laa - ilaaha - illallaahu wallaahu akbar.
Allaahu akbar walillaahil - hamd.

Gema takbir menggema di mana-mana ketika mulai memasuki 1 Syawal. Adalah kegembiraan bagi orang-orang yang berpuasa tiba saatnya hari raya Idul Fitri atau hari lebaran.

Di Hong Kong sudah diumumkan hari ini jatuhnya 1 syawal 1439 H. warga Hong Kong berduyun-duyun mendatangi Masjid Kowloon untuk berbuka puasa bersama.
Takjil telah disediakan oleh pengurus masjid Kowloon. Setiap hari di masjid ini disediakan kotak dana khusus untuk ifthar (berbuka puasa) yang ditulis jelas di kotak amal tersebut Ifthor Fund.

Masjid  ini mampu menampung sebanyak 3.500 orang. Didominasi oleh bangsa Pakistan, India, juga Bangladesh. Masjid ini terletak di daerah Kowloon jalan Nathan dan jalan Haiphong, berseberangan dengan Kowloon Park.

Saya bersama teman-teman dai ambassador 2018 penugasan Hongkong, Ustaz Ulfirman bin Ramlan dan Ismail Hasan berkesempatan membuat vlog-vlog ceramah singkat di sekitar masjid Kowloon dan merasakan masakan Ifthor khas Pakistan, bubur Kare ayam.

Ternyata dari masjid ini juga, masyarakat Muslim di Hong Kong menunggu keputusan jatuhnya idul fitri. Apakah benar-benar besok atau lusa.

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hong Kong telah memutuskan dan mengumumkan bahwa Idul Fitri jatuh Jumat (15/6) dan akan melaksanakan sholat Idul Fitri di Victoria Park – Cause Way Bay pada pukul 08.00 – seselai.

Sementara saya dan teman-teman dai ambassador yang lain bertugas di tempat yang berbeda-beda. Saya bertugas sebagai Khatib di daerah Tuen Muen. Ustaz Ismail Hasan bertugas sebagai Khatib di daeral Central.

Semoga Idul Fitri tahun ini, baik di Indonesia atau di Hong Kong membawa keberkahan pada semuanya. Kita semua dapat berbagi kepada sesama, Saling memaafkan kesalahan satu sama lain, dan memperdulikan orang-orang yang belum beruntung.

Minal aidin wal Faizin. Mohon maaf lahir batin. Taqobbalallahu minna wa minkum. Shiyamanaa wa shiyaamakum. Amin.

* Corps Dai Ambassador Dompet Dhuafa (CORDOFA),Tim Inti Dai Internasional dan Multimedia Jam’iyyah Ahlith Thariqah al-Mu’tabarah an-Nahdliyyah (TIDIM JATMAN),

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement