Ahad 03 Jun 2018 21:55 WIB

ACT Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis untuk Warga Alor

Kegiatan ini diselenggarakan beriringan dengan pendistribusian paket bantuan pangan.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Ani Nursalikah
Warga Desa Maru, Pulau Pura, Alor, NTT, menerima paket bantuan pangan ACT, Ahad (3/6).
Foto: Republika/Kamran Dikarma
Warga Desa Maru, Pulau Pura, Alor, NTT, menerima paket bantuan pangan ACT, Ahad (3/6).

REPUBLIKA.CO.ID, ALOR -- Organisasi kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggelar kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis untuk warga yang tinggal di Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kegiatan ini diselenggarakan beriringan dengan pendistribusian paket bantuan pangan yang diangkut Kapal Ramadhan ACT.

Pemeriksaan kesehatan gratis digelar di Desa Maru, Alor, pada Ahad (3/5). Dalam kegiatan ini, ACT mengerahkan dokter umum, dokter gigi, dan asisten apoteker.

Manajer Global Medic Action (GMA)-ACT Rizal Alimin mengungkapkan terdapat dua tim medis yang dikerahkan untuk kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis. Keseluruhan tim berjumlah sekitar 12 orang, mencakup dokter umum, dokter gigi, perawat, dan asisten apoteker.

photo
Warga Desa Maru, Pulau Pura, Alor, NTT, menerima paket bantuan pangan ACT, Ahad (3/6).

Tim medis tersebut melakukan perjalanan bersama relawan Kapal Ramadhan ACT. "Tim medis pertama turun di Kalabahi dan melakukan aksi kegiatan medis di Alor, Pulau Pantar, dan sekitarnya. Tim kedua akan turun di Kupang untuk melakukan aksi medis di Pulau Kera dan Pulau Salamon," kata Rizal.

Menurut Rizal, karena kegiatan pemeriksaan kesehatan dilakukan di daerah pesisir, kemungkinan besar tim medis akan lebih banyak menangani keluhan penyakit kulit, batuk disertai pilek, dan lainnya. GMA-ACT telah mempersiapkan obat-obatan untuk mengobati penyakit-penyakit tersebut.

photo
Tim medis ACT menggelar pemeriksaan kesehatan gratis di Desa Maru, Alor, NTT, Ahad (3/6).

Rizal mengungkapkan setiap tim medis nantinya akan menggelar pemeriksaan kesehatan gratis selama 2-3 hari di masing-masing tempat yang disinggahi. Kegiatan tersebut akan dibantu oleh relawan-relawan lokal.

Kapal Ramadhan merupakan program yang baru diluncurkan ACT tahun ini. Kapal ini membawa 10 ribu paket bantuan pangan untuk didistribusikan ke beberapa pulau di NTT.

Kapal Ramadhan memulai perjalanannya dari Dermaga Garongkong, Makasar, pada Kamis (31/5). Kapal ini telah singgah di Labuan Bajo pada Jumat (1/6) untuk menurunkan 3.700 paket bantuan pangan. Bantuan ini disalurkan keKabupaten Maumere, Manggarai, Manggarai Barat, dan Manggarai Timur.

Kapal Ramadhan kemudian melanjutkan perjalanan ke Pulau Kalabahi. Di wilayah ini didistribusikan 3.871 paket bantuan pangan. 2.413 paket bantuan pangan disalurkan ke Alor Daratan dan Pulau Buaya, 1.195 paket didistribusikan ke Pulau Pantar, dan 263 paket lainnya ke Pulau Pura. Sisa paket bantuan pangan akan didistribusikan di tujuan akhir Kapal Ramadhan, yakni Kupang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement