Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Ini Pahala Shalat Subuh Berjamaah

Sabtu 19 Mei 2018 20:51 WIB

Rep: Maspril Aries/ Red: Agus Yulianto

Umat muslim melakukan shalat subuh berjamaah (Ilustrasi)

Umat muslim melakukan shalat subuh berjamaah (Ilustrasi)

Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Shalat Subuh berjamaah memiliki banyak keutamaan yang luar biasa.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Di antara ibadah shalat wajib lima waktu yang memiliki keutamaan yang khusus adalah shalat Subuh secara berjamaah. Shalat Subuh adalah salah satu shalat yang berat dilaksanakan bagi sebagian besar kaum Muslim, khususnya laki-laki dewasa.

Demikian isi ceramah Ustaz Kemas Ali dalam tausiyahnya safari subuh berjamaah di Masjid Al Muhajirin, Kelurahan Lorok Pakjo, Palembang, Sabtu (19/5). Menurut ustaz Kemas Ali, siapa yang shalat subuh berjamaah, maka pahalanya akan dicatat malaikat sama seperti ibadah sepanjang malam. Pahala melakukan shalat malam sepenuh waktu malam bisa kita dapatkan dengan melakukan shalat Subuh secara berjamaah. "Itu tertuang pada hadist Rasulullah SAW,” ucapnya.

“Bila melihat kepada keutamaannya, justru shalat Subuh berjamaah memiliki banyak keutamaan yang luar biasa.  Jadi jika ada pemimpin yang mengajak melaksanakan shalat Subuh berjamaah, kita sebagai umat muslim wajib mendukungnya. Karena melalui subuh kita bisa mendapat keberkahan dari Allah SWT,” ujar Ustaz Kemas Ali.

Ustaz Kemas Ali dalam ceramahnya mengungkapkan, di Palembang shalat Subuh berjamaah sudah dilaksanakan sejak masa kepemimpinan Wali Kota Harnojoyo yang setiap subuh berkeliling ke masjid-masjid melaksanakan shalat Subuh berjamaah.

Menurut Ustaz Kemas Ali, dalam hadist tersebut disebutkan tidak ada shalat yang lebih berat dilaksanakan bagi orang munafik dari pada shalat subuh dan Isya. “Seandainya mereka tahu keutamaan yang terdapat di dalamnya, niscaya mereka akan melakukannya kendati dengan merangkak,” katanya.

Ustaz Kemas Ali mengajak masyarakat untuk ikut bersama-sama dalam memperjuangkan shalat Subuh berjamaah di Palembang. “Dengan melaksanakan shalat Subuh berjamaah, maka Palembang akan mendapatkan keberkahan dan ridha Allah SWT. Bagi mereka yang melaksanakan shalat Subuh dengan sempurna, antara lain dengan melaksanakannya berjamaah, maka dia berada dalam jaminan dan perlindungan Allah Azzawajalla,” ujarnya.

Jika Shalat Subuh berjamaah sudah menjadi kebiasaan masyarakat, menurut ustaz Kemas Ali, maka Kota Palembang akan menjadi kota yang selalu diridhai Allah SWT dan manusia-manusia yang menuju masjid buat melaksanakan shalat dengan cahaya yang sempurna di hari kiamat kelak.  

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA