Jumat 13 Apr 2018 14:12 WIB

Islamic Center Noumea, Pusat Syiar Islam Kaledonia Baru

Rencananya akan dibangun Islamic centre yang lain.

Islamic Center di Kaledonia Baru.
Foto: Wikipedia
Islamic Center di Kaledonia Baru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini, sebuah pusat kegiatan keislaman (Islamic centre) telah dibangun di Noumea, ibu kota Kaledonia Baru, dan rencananya akan dibangun Islamic centre yang lain.

Pusat Islam Noumea merupakan tem pat utama penyelenggaraan ibadah Is lam di Kaledonia Baru. Lembaga ini menyelenggarakan perayaan hari-hari besar Islam, seperti Idul Fitri, Maulid Nabi, Isra Mi’raj, dan lainnya. Lembaga ini dan Konsulat Jenderal RI juga selalu menghidupkan malam-malam pada Ramadhan dengan menggelar shalat tarawih dan tausiah agama.

Ketua Persatuan Masyarakat Indonesia dan Keturunannya di Kaledonia Baru (PMIK) Djintar Tambunan menyatakan, khusus bagi penduduk yang berasal dari Jawa, aktivitas keagamaan dan adat masih terus dilaksanakan mes ki pun jauh dari kampung halaman.

“Masih ada sunatan, pernikahan, atau upacara kematian yang tetap dilakukan hing ga saat ini, termasuk yang dila kukan di Wisma Indonesia untuk memperkenalkan dan meneruskan kebudayaan Indonesia,” kata Djintar.

Pusat Islam di Noumea juga menyediakan informasi tentang kebutuhan makanan ha lal bagi Muslim. Sebenarnya, tak sulit m e nemukan restoran halal di Kaledonia Baru. Sebab, sejumlah Muslim asal Jawa dan Arab membuka restoran halal, kebanyakan di sekitar Islamic centre.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement