Selasa 10 Apr 2018 13:49 WIB

Tabungan Jamban, RZ Edukasi Masyarakat Tentang Sanitasi

RZ memberikan pendampingan rutin terkait sanitasi dan kesehatan.

Warga antusias mendengar penjelasan mengenai program Tabung Jamban Rumah Zakat.
Foto: Rumah Zakat
Warga antusias mendengar penjelasan mengenai program Tabung Jamban Rumah Zakat.

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON -- Setelah berjalan hampir satu semester program Pos Kemandirian Sanitasi Yayasan Danamon Peduli di Desa Labuan binaan Rumah Zakat (RZ), Kecamaran Mancak, Serang, Banten, telah menunjukan dampak perkembangan yang baik pada masyarakat. Hal ini tidak lepas dari peran serta fisilitator Desa Berdaya, kader-kader Bumi ASIH, dan juga masyarakat setempat.

Seperti dalam siaran pers Rumah Zakat, edukasi dan pendampingan rutin tentang kesehatan dan sanitasi yang dilakukan oleh Kader Bumi ASIH nampaknya berpengaruh kepada masyarakat. Kemauan masyarakat dalam mengelola sanitasi di keluarganya, sudah mulai ada perkembangan positif.

photo
Rumah Zakat membagikan celengan untuk Program Tabungan Jamban.

Salah satunya adalah kemauan untuk membuat septic tank. Mereka menabung kemudian hasil tabungannya akan digunakan untuk membangun jamban sehat di masing masing rumah.

Kondisi sebelumnya, sarana jamban sehat tidak ada. Sehingga umumnya warga melakukan Buang Air Kecil (BAK) dan Buang Air Besar (BAB) disembarang tempat.

Pada bulan Februari ini, tabungan jamban sudah terkumpul sebanyak kurang lebih Rp 300ribu dari kotak tabungan jamban yang dibagikan sebanyak 18 buah kepada masyarakat.

“Harapannya ke depan masyarakat lebih terbuka lagi pemahaman nya, tentang pentingnya jamban sehat,” ujar Fasilitator Desa Berdaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement