Senin 09 Apr 2018 19:55 WIB

Masjid Pertama di Western Isle Segera Dibangun

Penduduk Muslim sudah tinggal di Western Isle atau Outer Hebrides sejak 1945.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Agus Yulianto
Muslim Skotlandia (Ilustrasi)
Foto: Courtesy Onislam.net
Muslim Skotlandia (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, STORNO WAY -- Kampanye penggalangan dana untuk membuka masjid pertama di Western Isles, Storno Way, Skotlandia telah melampaui angka targetnya sebesar 50 ribu poundsterling. Skema crowdfunding ini telah menghasilkan lebih dari 59 ribu poundsterling.

Dilansir BBC, Ahad (8/4), sebuah bangunan setengah terbengkalai di Stornoway ini akan diubah menjadi masjid. Rumah ibadah yang tadinya akan dijadikan gereja itu mulai dibuka musim panas ini.

Rencana tersebut disetujui oleh Dewan Wilayah, Comhairle nan Eilean Siar tahun lalu. Bangunan terletak di Stornoway's James Street. Comhairle menerima pengajuan pembentukan masjid di sana pada tahun 2013.

Namun komunitas Muslim membuat pengajuan baru tahun 2017 dan baru disetujui. Penduduk Muslim sudah tinggal di Western Isle atau dikenal sebagai Outer Hebrides sejak 1945.

Pada tahun 2016, dua keluarga pengungsi Suriah bermukim di rumah-rumah di Stornoway. Comhairle nan Eilean Siar menawarkan akomodasi untuk delapan orang sebagai bagian dari skema yang didanai pemerintah Inggris.

Skema pemukiman kembali dibentuk sebagai tanggapan terhadap perang di Suriah. Pemerintah menawarkan rumah bagi para pengungsi di Skotlandia dan seluruh Inggris. Comhairle adalah beberapa otoritas lokal Skotlandia yang berperan menyediakan akomodasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement