Senin 09 Apr 2018 04:00 WIB

Pulau Terpencil di Skotlandia Segera Bangun Masjid Pertama

Pembangunan masjid ini dilakukan di atas sebuah rumah yang tidak terurus

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Bilal Ramadhan
Pembangunan masjid   (ilustrasi).
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Pembangunan masjid (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Kepulauan Hebrides di Skotlandia akan segera membangun masjid pertamanya pada musim panas tahun ini. Dilansir Telegraph, pembangunan masjid dilakukan di atas sebuah rumah yang tidak terurus.

Untuk biaya pembangunan, komunitas Muslim setempat berhasil menggalang dana hingga 56 ribu poundsterling atau setara 1,1 milyar rupiah. Dana yang terkumpul bahkan melebihi target awal sebesar 50 ribu poundsterling.

Sebelumnya, rencana pembangunan ini sempat mendapat penolakan dari pihak Gereja Presbiterian. Namun, pembangunan tetap akan dilangsungkan karena telah mendapat izin dari pemerintah setempat.

Rencana pendirian masjid dipimpin oleh seorang pembangun dari Leeds, Aihtsam Rashid (39). Rashid mengaku rencana pembangunan bermula saat dirinya dihubungi oleh komunitas Suriah di Isle, Lewis. Komunitas itu meminta bantuan Rashid untuk membangun masjid.

"Saya secara pribadi diminta untuk membantu mereka (komunitas Muslim Suriah) merencanakan pembangunan masjid karena sebelumnya saya punya pengalaman dalam membangun masjid," kata Rashid.

Komunitas Muslim pertama kali tumbuh di kepualaun itu berkat kedatangan enam keluarga Muslim dari Suriah. Sensus penduduk 2011 di daerah itu menunjukkan komunitas Muslim merupakan minoritas dengan jumlah sekitar 61 orang dibanding komunitas Kristen yang berjumlah 20.452.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement