Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

ParadeTasmi Pesantren Tahfiz Al-Uswah

Ahad 08 Apr 2018 12:13 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Agus Yulianto

Sejumlah anak-anak tengah muroja'ah (mengulang hafalan) Alquran (Ilustrasi).

Sejumlah anak-anak tengah muroja'ah (mengulang hafalan) Alquran (Ilustrasi).

Foto: Republika/ Amin Madani
Tasmi diadakan hanya untuk kelas 6 sebagai syarat ujian akhir.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Sebanyak 230 santri mengikuti tasmi (memperdengarkan hafalan) Alquran di hadapan para penyimak di Pesantren Tahfiz - SDQTa (Sekolah Dasar Alquran Terpadu) Al-Uswah, Cianjur, Jawa Barat. Acara Parade Tasmi tersebut akan berlangsung sekitar sebulan dan dibuka pada Jumat (6/4).

Parade tasmi diikuti oleh 230 penghafal Alquran di Pesantren Tahfizh Al-Uswah yang terdiri dari 210 usia SD dan 20 mahasantri Tahfizh. Tiap santri akan memperdengarkan hafalan mereka setiap hari 1 juz Alquran di hadapan para penyimak.

Pimpinan Pesantren Al-Uswah Misbah Saiful Bahri, meminta para santri tetap istiqomah dan dapat meningkatkan kualitas iman dengan parade tasmi tersebut. "Harapannya, semoga kami dan anak-anak tetap istiqomah dan selalu meningkatkan kualitas iman dengan berinteraksi terus dengan Alquran, baik hapalan ataupun tilawah harian," ujar dalam keterangan tulis yang diterima Republika.co.id, Jakarta, Ahad (8/4).

Kegiatan Parade Tasmi diselenggarakan dengan tujuan untuk menjaga hafalan para santri. Sebelumnya, Tasmi diadakan hanya untuk kelas 6 sebagai syarat ujian akhir.

Namun, dengan Parade Tasmi ini, setiap santri wajib menyetorkan hafalan sebagai syarat ujian kenaikan kelas. Meski perdana dilakukan, para santri ternyata antusias dan mampu menyetorkan hafalan 1 juz per hari.

SDQTa Al-Uswah berdiri pada tahun ajaran 2014/2015 untuk memenuhi kebutuhan ummat dengan memadukan kurikulum pendidikan umum yang terintegrasi dengan Alquran. Target lulusan SDQTa Al-Uswah adalah hafal 6 juz Alquran (full day school) dan 12 juz Alquran (boarding school). Sementara, visi SDQTa Al-Uswah adalah menjadi Sekolah Dasar Alquran unggulan dalam menyiapkan generasi pemimpin yang berprestasi dan berkarakter.

Selain tingkat Sekolah Dasar (SD), Yayasan Al-Uswah juga membuka STQ (Sekolah Tahfizh Alquran), yaitu program beasiswa menghafal alquran 30 juz untuk lulusan SMA selama 3 tahun.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA