Kamis 29 Mar 2018 11:30 WIB

Organisasi-Organisasi Muslimah di Nigeria

Perkembangan ini terjadi setelah perjuang an mereka yang panjang.

Rep: Erdy Nasrul/ Red: Agung Sasongko
Muslim Nigeria
Foto: AP
Muslim Nigeria

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Aspirasi Muslimah Nigeria banyak ditampung dan disalurkan melalui wa dah organisasi, yaitu The Fede ration of Muslim Women Association of Ni geria (Fomwan). Melalui wadah ters ebut, keberadaan mereka semakin ter lihat pada abad ke-20. Kaum hawa semakin diberdayakan di hampir semua aspek kehidupan bermasyarakat, seperti buruh, pendidikan, dunia politik, dan ekonomi.


Perkembangan ini terjadi setelah perjuang an mereka yang panjang selama konferensi dunia Beijing mengenai wanita yang di organisasi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) 1995. Fomwan meyakini kaum hawa dapat berperan lebih luas, se hingga le bih mewarnai dinamika kehidupan berbangsa.

Fomwan adalah organisasi yang memayungi kelompok wanita Islam di Nigeria dan mempromosikan sudut pandang wanita Muslim di panggung nasional. Sejak tahun 1985, federasi ini telah bekerja untuk menye barkan Islam melalui dakwah. Organisasi juga memperjuangkan pendidikan Muslimah, sehingga wawasan dan keilmuan mereka semakin meningkat.

Perkumpulan ini menargetkan kaum hawa berperilaku positif, mengikuti pendidikan, sehingga memiliki sikap dan bekal menghadapi hidup. Mereka harus mam pu memberantas kemiskinan dan ke bodohan yang menjadi permasalahan negara. Anakanak Muslimah juga diarahkan untuk mengikuti pendidikan Alquran di berbagai madrasah.

Fomwan telah mengilhami terbentuknya kelompok Muslimah di Ghana, Liberia, Sierra Leone, Gambia, Mauritius, dan Niger. Sekarang memiliki anggota dari 36 negara bagian Nigeria dan berafiliasi dengan lebih dari 500 organisasi.

Beberapa tahun terakhir Muslimah juga aktif mengikuti berbagai kegiatan baik di tingkat nasional maupun internasional. Mereka aktif mengikuti kontes putri Muslimah dunia misalkan. Kontestan mereka mampu menunjukkan kemampuan nya baik dalam hal kecantikan lahir maupun batin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement