Senin 26 Mar 2018 15:15 WIB

Ini Sembilan Masjid Termahal di Lanchashire, Inggris

Banyak masjid baru dibangun di atas lahan yang sudah ada masjid berdiri di sana.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Agus Yulianto
Masjid Raza Zamia
Foto: Youtube
Masjid Raza Zamia

REPUBLIKA.CO.ID, LANCASHIRE -- Wilayah Lancashire di barat laut Inggris memiliki sejumlah masjid. Banyak masjid baru telah dibangun di atas lahan yang sudah ada masjid berdiri di sana. Masjid-masjid tersebut diperuntukkan bagi jamaah yang tinggal dalam jarak hanya dengan berjalan kaki dari bangunan masjid tersebut.

Dengan biaya pembangunan yang naik dari tahun ke tahun, semua masjid telah didanai secara independen melalui donasi yang diperoleh dari berbagai komunitas yang mereka layani. Di Lancashire, ada beberapa proyek masjid besar yang menelan biaya pembangunan yang mahal. Berikut beberapa masjid dengan proyek yang besar di Lancashire, seperti dilansir di This Is Lancashire, Senin (26/3):

1. Masjid Raza Zamia.

Masjid Raza Jamia di Accrington di distrik Hyndburn, Lancashire, adalah proyek paling mahal dalam beberapa tahun terakhir di wilayah itu. Masjid yang dibuka pada Desember tahun lalu itu menelan biaya senilai 8,6 juta pound. Masjid yang terletak antara Grimshaw Street dan Lower Antley Street itu bisa menampung hingga 900 jamaah yang beribadah dalam waktu bersamaan. Selain tempat beribadah, masjid tersebut juga merupakan fasilitas masyarakat bagi warga dari semua keyakinan dan latar belakang yang ingin mengadakan acara pertemuan aktivitas olahraga.

Izin perencanaan pembangunan masjid tersebut disahkan pada Juni 2014. Dana yang digunakan diperoleh dari donasi pribadi. Area masjid memiliki tiga ruang ibadah, sebuah perpustakaan, dan pusat komunitas yang memiliki ruang pemakaman Islam, fasilitas masyarakat, dan area makan. Masjid yang dibangun di atas lahan seluas 1,3 acre itu juga memiliki parkir mobil dan enam ruang kosong.

2. Masjid Jamia Sultania.

Masjid yang terletak di Sackville Street, Brierfield, ini telah menghabiskan biaya pembangunan senilai 4 juta pound. Masjid ini dibuka pada musim panas 2013. Masjid yang juga sekaligus pusat pendidikan ini bisa menampung hingga 2.000 jamaah.

Fasilitas baru yang didedikasikan untuk ruang ibadah dan pendidikan ini memiliki delapan ruang kelas di lantai bawah tanah. Ruang ibadah utama yang luas di masjid tersebut menawarkan area shalat wanita pada tingkat mezzanine, di mana solusi desain khusus dibutuhkan untuk memisahkan kedua area tersebut secara elegan.

Desainer Umar Faruque dari Studio Architekton, spesialis dalam interior Islam kontemporer, turut menciptakan karyanya dalam masjid tersebut yang muncul dengan konsep 38 lengkungan dekoratif yang terinspirasi oleh arsitektur Moor di Andalusia. Lengkungan dirancang untuk melengkapi marmer yang berasal dari Pakistan dan Turki di ruang utama. Lubang-lubang lengkungan dilengkapi kaca cermin satu arah. Karya Umar juga tecermin dalam desain interior lainnya di masjid ini.

3. Masjid e Tauheedul Islam.

Masjid ini terletak di 31 Bicknell St, Blackburn, dan telah menelan biaya pembangunan sebesar 3,5 juta pound. Masjid ini dibuka pada Juni 2010. Bangunan masjid ini berdiri di samping masjid tua yang telah dibuka sekitar 40 tahun sebelumnya.

Selain sebagai ruang ibadah, masjid ini juga merupakan pusat pembelajaran dan pelatihan Islam, yang menyediakan suar, baik untuk Muslim maupun pemeluk agama lainnya yang ingin memperdalam pemahaman tentang Islam. Selain memberikan layanan bagi masyarakat sekitarnya, masjid ini juga menyediakan layanan pemakaman bagi anggota dan warga setempat.

4. Masjid Zakariyya Jaam'e.

Masjid terbesar dan paling terkenal di Bolton adalah Masjid Zakariyya Jaam'e. Pembangunan masjid ini menghabiskan biaya senilai 3 juta pound, yang dananya diperoleh dari komunitas Muslim lokal di Bolton.

Masjid ini menandai awal dari pembangunan Pusat Budaya Islam, yang sangat penting dalam mendukung dan membantu masyarakat di daerah lain di Bolton untuk membangun masjid dan area ibadah selanjutnya. Masjid ini memiliki kapasitas hingga 3.000 jamaah.

Selain sebagai pusat ibadah, masjid ini juga merupakan tempat bagi banyak kelompok, lembaga, dan otoritas lokal di wilayah tersebut. Tidak hanya itu, masjid ini juga menyediakan pendidikan Islam bagi anak-anak dan dewasa di daerah sekitarnya. Di samping itu, menyediakan layanan perpustakaan, pernikahan, pemakaman, dan madrasah.

5. Masjid e Salaam

Salah satu masjid yang paling baru dibuka adalah Masjid e Salaam di Fulwood, Preston. Pembangunan masjid ini menelan biaya sekitar 2,9 juta pound. Seperti banyak masjid lainnya, masjid ini juga kerap menjadi tuan rumah bagi warga non-Muslim.

6. Masjid Emas atau Golden Mosque

Golden Mosque di Rochdale dibangun dengan biaya senilai 2.4 juta pound. Selama bulan Ramadhan, masjid ini kerap mengadakan acara yang bertujuan untuk mendidik non-Muslim pada bulan suci tersebut. Biasanya, selama Ramadhan, masjid ini mengadakan acara yang mencakup seni Islam melalu Alquran, ilmu pengetahuan, dan sejarah.

7. Masjid Madina

Masjid yang terletak di Oak Street, Blackburn, ini dibangun di bekas bangunan masjid dan merupakan salah satu yang terbesar di Blackburn. Masjid ini memiliki desain kubah yang rumit yang mencakup ribuan cermin. Renovasi bangunan masjid tersebut menelan biaya sebesar 1,4 juta pound.

Masjid ini memiliki kapasitas hingga 2.000 jamaah dan membuatnya sebagai salah satu dari tiga masjid di Kota Blackburn yang memiliki kapasitas besar, selain Masjid Jamia Ghosia di Chester Street dan Masjid Makki di London Road. Masjid Madina dibangun dengan melakukan perluasan dan ruang kelas yang dibangun di lantai dua. Renovasi masjid dilakukan berkat dukungan sumbangan dari para sukarelawan.

8. Masjid Jamia Masjid Ghausia

Masjid ini terletak Chester Street di Burnley. Pembangunan masjid menelan biaya sebesar 1,5 juta pound dan dibuka pada 2009. Masjid ini adalah salah satu masjid dengan kapasitas besar di Blackburn.

9. Masjid e Noorul Islam

Masjid di Blackburn ini sedikit berbeda dengan desain masjid tradisional. Pembangunan masjid yang baru menelan biaya sebesar 1,3 juta pound. Masjid baru dibuka pada Juli 2010 dan bisa menampung hingga 1.500 jamaah.

Masjid ini memiliki fasilitas ruang ibadah, ruang pertemuan, ruang kelas, fasilitas perempuan, tempat wudhu dan toilet di kedua lantai, fasilitas lift untuk penyandang disabilitas, dapur, ruang jamaah dan kantor.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement