Ahad 25 Mar 2018 19:17 WIB

Silaturahim Pengurus Daerah Jadi Program Utama Salimah

Berbagai informasi dan kemampuan antar pengurus daerah merupakan tujuannya.

PP Salimah
Foto: Dok Humas Salimah
PP Salimah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PD Salimah (Pimpinan Daerah Persaudaraan Muslimah) Kota Bekasi menerima kunjungan dari PD Salimah Pangkal Pinang Babel dan GOW Hulu Sungai Selatan Kandangan Kalsel, Ahad (24/3). 


Kunjungan ini bermaksud untuk mengetahui dan mempelajari program yang digulirkan oleh PD Salimah Kota Bekasi. Pada kesempatan ini, mereka diajak untuk melihat aktifitas kue subuh, bank sampah, produksi aneka tas, juga kegiatan Kossuma (Koperasi Serba Usaha Salimah) Kota Bekasi. 

Atiek Sulistiyowati, SH, Ketua PD Salimah Kota Bekasi menyambut rombongan dengan suka cita. “Bahagia, karena dapat bertambah saudara, malu dengan berbagai kekurangan, “ ungkapnya.

Ati berharap dengan adanya kunjungan ini dapat memotivasi saudara-saudara yang lain untuk memberikan manfaat kepada masyarakat. Dan apa yang mereka harapkan dari kunjungan ini tercapai. 

Kota Bekasi saat ini sudah memiliki kepengurusan Pimpinan Cabang (PC) di semua kecamatan. Semua PC memiliki kegiatan yang bermanfaat untuk anggota dan masyarakat. Seperti yang menjadi tujuan kunjungan kali ini,  bank sampah dan kue subuh merupakan salah satu program PC Salimah Jati Asih, sementara fun sewing yang menghasilkan tas dan sebagainya merupakan salah satu program PC Pondok Melati.

Isma Yunita, Ketua PC Salimah Pondok Melati menyampaikan bahwa mereka memulai dari produksi kecil, dengan alat dan bahan tas yang terbatas. Saat ini mereka lebih banyak memberikan pelatihan kepada para anggota Salimah, juga pelatihan online yang anggotanya mencapai 1000 orang. 

Mar’ati, Ketua PD Salimah Pangkal Pinang yang mempimpin rombongan 10 orang pengurus menyampaikan tujuan dari kunjungan ini.

"Kami ingin mengetahui program yang mungkin untuk dilakukan di Pangkal Pinang. Berdasar rekomendasi PW (Pimpinan Wilayah) Bangka Belitung dan PP (Pimpinan Pusat) ada beberapa tempat yang mungkin dapat dituju, diantaranya Kota Bekasi. Utamanya kami ingin belajar lebih banyak tentang koperasi,” ujarnya.

Mar panggilan akrabnya, menginformasikan bahwa PD Salimah Pangkal Pinang sudah memiliki Kossuma yang berdiri tahun 2017, tetapi belum memiliki banyak kegiatan.

 

“Dari kunjungan ini, kami banyak mendapat inspirasi yang dapat dilakukan Kossuma di Pangkal Pinang. Seperti membuat brand Salimah utk makanan khas Pangkal Pinang,” tambahnya. 

Ketua GOW  Kab Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalsel, Zaitun Ardiansyah hadir dalam kunjungan bersama 20 orang perwakilan organisasi yang tergabung di GOW HSS. Beliau juga merupakan istri Wabup HSS. Zaitun menyampaikan tujuan kunjungan, “Ada 

18 organisasi tergabung dalam GOW HSS, termasuk di dalamnya Salimah. Kami merasa perlu mengetahui kegiatan yang dapat kami lakukan di HSS, melalui organisasi anggota yang ada di tempat lain. Berdasar info dari PW Salimah Kalsel mereka merekomendasikan ke Salimah Kota Bekasi,” katanya.

Beliau berharap bisa terinspirasi dengan kegiatan yang dilakukan oleh PD Salimah Kota Bekasi. Utamanya ketika melihat aktifitas kue subuh, di mana Salimah membuat wadah para anggota yang memiliki keterampilan di bidang kuliner. “Ini sangat mungkin kami lakukan di HSS,” kata Zainun. 

Kegiatan kue subuh ini adalah merupakan lanjutan dari Program Jumat Berkah. Di mana Pengurus PD Salimah Kota Bekasi menjual makanan untuk para jamaah sholat subuh. Menabung, itu istilah yang mereka gunakan untuk Menebar Nasi Bungkus setelah sholat Jumat.

  1. Awalnya mereka hanya menjual di hari Jumat subuh kemudian lanjut memberikan nasi bungkus di siang hari, saat ini sudah berjualan setiap hari. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement